news
LIGA CHAMPIONS
Absennya Sergio Ramos Selalu Menjadi Penyebab Kekalahan Real Madrid di Liga Champions
22 October 2020 14:23 WIB
berita
Bek dan kapten Real Madrid, Sergio Ramos, menyaksikan kekalahan timnya dari tribune, Rabu (21/10) -Topskor.id/Marca
MADRID - Kekalahan Real Madrid dari Shakhtar Donetsk pada Rabu (21/10) lalu semakin menegaskan bahwa tanpa kapten mereka, Sergio Ramos, Los Merengues selalu mengalami kesulitan.

Dalam laga tersebut yang digelar di Stadion Alfredo Di Stefano, pasukan Zinedine Zidane memang kalah 2-3 dari tim asal Ukraina tersebut. Dalam laga tersebut, Zidane memang tidak dapat menurukan bek andalannya itu karena kondisinya yang tidak fit.




Baca Juga :
- Sempat Disamakan, Leipzig Benamkan Basaksehir dan Buka Peluang Lolos
- Kabar LaLiga Pekan Ini: Keberhasilan Machin Kalahkan Madrid hingga Mantan Kapten Atletico Pensiun


Dengan absennya Ramos pada pertandingan tersebut, berarti pula itu kali kedelapan Madrid tampil di ajang bergengsi antarklub Eropa ini tanpa kehadiran kapten mereka dijantung pertahanan.

Dan, dari jumlah tersebut, Madrid mengalami tujuh kekalahan di antaranya ketika tanpa Ramos di lapangan. Kekalahan 2-3 dengan cara teringgal tiga gol dari Shakhtar merupakan kekalahan yang paling buruk dari deretan kekalahan tanpa pemilik nomor 4 di Madrid itu.


Baca Juga :
- Lampard Bocorkan Rencana Chelsea untuk hadapi Sevilla
- Gagal Menang Atas Midtjylland, Atalanta Gusur Ajax dari Posisi Dua


Ramos tidak dapat tampil dalam pertandingan ini karena cedera yang dialaminya saat lawan Cadiz. Kekalahan ini sekaligus contoh bagaimana Madrid selalu kesulitan mengantisipasi serangan lawan setiap kali mereka kehilangan Ramos.

Tren buruk hasil Madrid tanpa Ramos ini sudah dimulai sejak 2017/18. Pada laga lawan Juventus di perempat final Liga Champions, Madrid nyaris terlempar dari ajang ini.

Pada pertandingan pertama di kandang Juventus bersama Ramos, mereka menang 3-0. Namun, Ramos dapat akumulasi kartu kuning di laga ini yang membuatnya absen di pertandingan kedua di Bernabeu.

Situasi tanpa Ramos tersebut berhasil dimanfaatkan Juventus laga laga kedua, mereka unggul 3-0 di Bernabeu dan hanya penalti Cristiano Ronaldo ketika pertandingan akan berakhir, membuat Los Merengues lolos dengan agregat 4-3.

Kini, sulitnya Madrid meraih kemenangan dan menghindari kekalahan ketika tanpa Ramos kembali terjadi. Musim lalu, dapat dilihat pula bahwa tanpa Ramos saat menghadapi Mancheser City, menjadi momen yang sangat buruk, ketika Raphael Varane, tandemnya di jantung pertahanan melakukan dua kali blunder.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat