news
LIGA INGGRIS
Fabinho Disuruh Teriak oleh Jurgen Klopp di Laga lawan Ajax, Cara Main juga Harus Diubah
22 October 2020 12:26 WIB
berita
Fabinho di laga lawan Ajax Amsterdam. -TopSkor.Id/Istimewa-
LIVERPOOL – Bukan laga ringan yang dilakoni Liverpool saat bertandang ke Stadion Johan Cruijff Arena pada Kamis (22/10) pukul 02.00 WIB. Hasilnya, Liverpool menang 1-0. Lawannya, Ajax Amsterdam tak mau menyerah begitu saja. Liverpool sendiri juga tak lengkap lantaran salah satu pemain kunci mereka cedera parah.

Ya, dialah Virgil Van Dijk yang cedera ligamen dan divonis absen semusim. Sementara, bek tengah lainnya juga masih dibekap cedera yaitu Joel Matip. Tak ada pilihan, pelatih Jurgen Klopp langsung memerintahkan Fabinho jadi bek tengah berduet dengan Joe Gomez. Ini memang bukan kali pertama.




Baca Juga :
- PSG Tumbangkan MU di Old Trafford, Persaingan Lolos ke Fase 16 Besar Kian Ketat
- PSG Siap Menjawab Setiap Pertanyaan Manchester United


Fabinho memang sudah diplot untuk jadi bek tengah darurat jika kondisinya mengharuskan demikian seperti sekarang ini. Ternyata, Fabinho menjawab tantangan Jurgen Klopp dengan sangat baik. Dia bahkan ikut menyelamatkan gawang Liverpool yang nyaris kebobolan.

Berkat performa gemilangnya, Fabinho pun dapat penghargaan pemain terbaik di laga itu. Media asal Inggris, Express mengungkapkan bahwa sebelum pertandingan, Jurgen Klopp sudah bicara panjang-lebar dengan Fabinho. Salah satu instruksinya adalah Fabinho harus sering berteriak kepada rekan-rekannya.


Baca Juga :
- Baru Main 100 Menit di Liga Primer, Cavani Sudah Mencetak Lebih Banyak Gol daripada Aubameyang
- Edinson Cavani Luar Biasa, Membawa Manchester United Meraih Kemenangan Dramatis, 3-2 atas Southampton


Maksudnya, agar Fabinho ikut mengatur rekan-rekannya saat sedang diserang. Dengan begitu, Fabinho kini jadi dirigen di pertahanan Liverpool. Jurgen Klopp juga meminta Fabinho mengubah cara bermainnya. Lebih spesifik agar bisa mengadopsi gaya bermain Van Dijk.

Sebenarnya, tak terlalu sulit bagi Fabinho bertransformasi jadi bek tengah. Soalnya, posisi alamiahnya selama ini adalag gelandang bertahan. Orientasinya memang pada pertahanan tapi kali ini dilakukan lebih ke dalam dan tak terlalu maju saat tim sedang menyerang.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!