news
LIGA ITALIA
Kehadiran Cristiano Ronaldo, Ibrahimovic, dan Lukaku Bikin Serie A Jadi Liga Paling Produktif Gol Musim Ini
21 October 2020 21:42 WIB
berita
Cristiano Ronaldo dan daftar liga domestik terproduktif 2020/21 - TopSkor/Istimewa
HUJAN gol mewarnai laga-laga awal di Liga Primer musim ini, tapi produktivitas gol di kancah elite Inggris ini bukan yang paling tinggi di Eropa.

Kehormatan itu menjadi milik Serie A dan fakta ini pasti membuat heran para penggemar sepak bola di era 1970-an, 1980-an, dan 1990-an yang mengenal kompetisi elite Italia itu sebagai pentas yang menonjolkan sepak bola defensif alias Catenaccio.




Baca Juga :
- Gervinho Senang Didekati Inter Milan, tapi Dia Mengagumi Juventus, dan Ingin Belajar dari Cristiano Ronaldo
- Lampard Bocorkan Rencana Chelsea untuk hadapi Sevilla


Serie A memuncaki klasemen liga domestik Eropa dengan rata-rata gol per laga terbanyak musim ini. Fakta ini tidak terlepas dari keberadaan sejumlah penyerang haus gol di kompetisi itu seperti Cristiano Ronaldo (Juventus), Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), dan Romelu Lukaku (Inter Milan).

Hingga pekan kelima, Liga Primer telah memainkan total 48 pertandingan dan menghasilkan 172 gol atau rata-rata 3,58 gol per laga. Produktivitas ini sedikit di bawah Serie A yang baru memasuki pekan keempat dengan total 39 pertandingan dan 142 gol atau rata-rata 3,66 gol per pertandingan.


Baca Juga :
- Arteta: Saya Tahu Bahwa Suatu Hari Saya Akan Dipecat
- Sergio Ramos Heboh di Tribune, Mengkritik Keputusan Wasit ketika Real Madrid Kalah dari Alaves


Banyaknya gol yang tercipta di liga-liga domestik musim ini diyakini tak terlepas dari ketiadaan penonton di stadion. Situasi ini membuat para pemain bisa tampil tanpa beban di lapangan sehingga menunjukkan performa terbaik mereka.

Bahkan Serie A yang selama ini dikenal dengan Catenaccio-nya, kini menampilkan sepak bola yang lebih ofensif dan skor besar seperti 4-3 telah menjadi “new normal” alias sesuatu yang sering terjadi musim ini

Kehadiran para penyerang top dunia juga ikut mengangkat produktivitas gol di Serie A. Ibrahimovic dan Lukaku kini sama-sama memuncaki daftar Capocannonieri dengan empat gol sementara Ronaldo membuntuti dengan tiga gol.

Di pihak lain, La Liga menjadi salah satu yang paling rendah produktivitas golnya musim ini dengan rata-rata di bawah 3 gol, tepatnya 2,15 gol, per laga.

R
Penulis
Rijal Al Furqon