news
LIGA INTERNASIONAL
"Tak Punya Rasa Hormat!" Samuel Eto'o Kesal Namanya Masuk Nominasi Sayap Kanan Terbaik Ballon d'Or
21 October 2020 21:06 WIB
berita
Daftar nominasi winger untuk Ballon d'Or Dream Team - TopSkor/Istimewa
LEGENDA sepak bola Kamerun, Samuel Eto’o melontarkan kecaman terhadap majalah France Football karena memasukkan namanya dalam daftar 10 penyerang sayap kanan terbaik sepanjang masa.

Mantan pemain Barcelona ini menghabiskan hampir seluruh kariernya sebagai seorang penyerang tengah alias striker. Karenanya, dia merasa tersinggung saat dirinya malah masuk dalam daftar winger kanan terbaik bersama David Beckham dan Lionel Messi.




Baca Juga :
- Dua Pemain Timnas U-19 Dipulangkan, Bagaimana Program Shin Tae-yong Kedepan?
- Moto 2: Pembalap Indonesia Andi Gilang Percaya Diri karena Pernah Tampil di Sirkuit Portimao


France Football adalah institusi yang memberikan penghargaan individu paling bergengsi Ballon d'Or sejak 1956. Tapi, majalah Prancis itu meniadakan pemberian gelar itu tahun ini dengan alasan wabah virus corona yang sempat melumpuhkan sepak bola.

Sebagai gantinya, France Football mencoba untuk menyusun Ballon d’Or Dream Team alias starting eleven terbaik sepanjang masa. Formasi yang dipakai adalah 3-4-3 dengan daftar nominasi yang kemudian akan dipilih oleh 170 jurnalis internasional.


Baca Juga :
- John Barnes Peringakan Liverpool Tidak Gegabah Beli Bek Tengah​​​​​​​
- Luis Enrique Kagum dengan Pencapaian Sergio Ramos yang Menyamai Rekor Gianluigi Buffon: Dia Pemain yang Unik


Setelah mengeluarkan daftar nominasi untuk posisi kiper, pemain belakang, dan pemain tengah, France Football mengumumkan daftar nominasi untuk lini depan. Daftar ini dibagi dalam tiga kategori sayap kanan, striker, dan sayap kiri dengan masing-masing berisi 10 kandidat.

Menariknya, Eto'o yang dikenal sebagai seorang striker justru masuk daftar nominasi winger kanan terbaik bersama Messi, Beckham, Arjen Robben, Luis Figo, dan sejumlah legenda masa lalu seperti George Best, Kevin Keegan, Garrincha, Jairzinho, dan Stanley Matthews.

Bukannya senang atau bangga, Eto’o malah tersinggung dengan pencantuman namanya dalam daftar nominasi sayap kanan terbaik. Mantan pemain Real Madrid, Chelsea, dan Inter Milan ini pun menumpahkan unek-uneknya di media sosial.

“Terima kasih, tapi saya hanya bermain selama satu atau dua musim di sayap kanan dan saya punya karier selama 25 tahun sebagai penyerang tengah,” tulis pria 39 tahun itu di Twitter .

“Minim rasa hormat @FranceFootball.

“TERSERAH!”

France Football mungkin terpaksa memasukkan Eto’o dalam daftar nominasi winger kanan karena dia kalah bersaing di posisi penyerang tengah. Untuk posisi ini 10 kandidatnya adalah

Denis Bergkamp, Gerd Mueller, Johan Cruyff, Romario, Kenny Dalglish, Ronaldo Nazario, Eusebio, Marco Van Basten, Sandor Kocsis, dan George Weah.

R
Penulis
Rijal Al Furqon