news
LIGA INTERNASIONAL
MU dan Liverpool Mulai Dilobi untuk Ikut Liga Primer Eropa Buatan FIFA, Apa Itu?
21 October 2020 14:50 WIB
berita
LONDON – Kompetisi di sebuah kawasan bisa berkembang, berubah, atau muncul yang baru. Sejarah sudah memperlihatkan itu, utamanya di Eropa yang jadi barometer kompetisi dunia. Di Eropa ada Piala Champions yang lalu berubah menjadi Liga Champions di musim 1992/93.

Kini, bakal muncul lagi kompetisi baru yang namanya European Premier League. Jika diartikan bisa menjadi Liga Primer Eropa. Diyakini sepenuhnya, kompetisi ini dibidani langsung oleh organisasi induk sepak bola dunia, FIFA. Pesertanya adalah klub-klub terbaik dari negara dengan kompetisi sepak bola paling populer.




Baca Juga :
- Samakan Rekor 56 Tahun, Pioli: Milan Bukan Tim Normal, Laga Berat Selanjutnya lawan Roma
- James Rodriguez Baru Dapat Obatnya di Everton tapi Mulai Diganggu Cedera, Semoga Tak Lama


Tak sulit mencari tahu yaitu Inggris, Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman. Semuanya masih dalam tahapan negosiasi atau lobi. Sky Sports mengabarkan, Manchester United (MU) dan Liverpool sudah mulai dilobi untuk bergabung di kompetisi Liga Primer Eropa buatan FIFA ini.

Sebelumnya sudah ada klub besar Liga Primer yang dilobi. Mereka adalah Tottenham Hotspur, Chelsea, Manchester City, dan Arsenal. Jika ditambah MU dan Liverpool jadi enam tim asal Inggris yang sudah dilobi tapi satu akan rontok karena jatah masing-masing negara hanya lima klub teratas.


Baca Juga :
- Enak Aja! Madrid Mau Pulangkan Reguilon dari Tottenham, Jelas Tak Bisa karena Statusnya
- Kepa Makin Tersingkir, Lampard Sudah Anggap Edouard Mendy Jadi Kiper Utama Chelsea


Rencananya, kompetisi Liga Primer Eropa ini akan digulirkan pada 2022. Jadwalnya mengikuti kompetisi domestik di Eropa. Jumlah pesertanya ada 18 kontestan tapi tak dijelaskan apakah ini akan jadi peserta tetap atau berubah tiap musimnya merujuk pada hasil akhir kompetisi layaknya Liga Champions.

Bahkan, format kompetisinya pun sudah ditetapkan yaitu memakai laga kandang dan tandang. Lima tim teratas akan menjalani babak gugur untuk mencari juara. Pihak FIFA saat ditanyakan soal ini masih belum memberikan jawabannya.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!