news
LIGA 1
Polisi Tak Izinkan Liga 1 Digelar November, Kata Manajer Bisnis Arema: Kerja Sama dengan Enam Sponsorship Berakhir Februari 2021
21 October 2020 11:55 WIB
berita
Latihan Arema FC/ Foto Istimewa
MALANG – Ketidakjelasan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 tentu merugikan para kontestan.

Dampak terbesar bagi manajemen tim Arema FC adalah kerja sama dengan enam sponsorship yang ada saat ini.




Baca Juga :
- Izin Liga 1 PSSI Sudah Surati Kapolri, M Iriawan: “Mungkin Bisa Ditanyakan Langsung ke Kapolri Saja”
- Format Liga 1 Masih Digodok, PSSI Ingin Tetap Full Kompetisi dan Sarankan PT LIB Buat Jadwal Normatif


Praktis hingga bulan November 2020 nanti, genap delapan bulan kompetisi mengalami kevakuman di tengah pandemi virus corona (Covid-19), yang sejatinya dalam kondisi normal 306 laga kompetisi ini sudah rampung.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah memutuskan bahwa lanjutan kompetisi Liga 1 2020 batal digelar bulan Oktober 2020, menyusul tak mendapat izin keramaian dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri).


Baca Juga :
- Pelatih Persebaya Aji Santoso: "Kalau Sampai Nol Sangat Berat"
- Boaz Solossa, Ahmad Jufriyanto, dan Rizky Pora Merintis Jadi Pelatih


Namun operator liga memberikan skema lanjutan kompetisi pada bulan November, Desember, atau Januari 2021 mendatang dengan atau tanpa perubahan format liga untuk seluruh rangkaian sisa 281 pertandingan lanjutan 31 pekan.

“Pandemi Covid-19 memang telah memaksa kelanjutan kompetisi Liga 1 2020  belum bisa dipastikan kapan lanjutannya akan digelar,” kata Manajer Divisi Bisnis dan Marketing Arema, Yusrinal Fitriandi.

“Ditambah pihak Polri dua kali tak memberikan izin kompetisi digelar pada bulan Oktober dan November,” ia menambahkan.

“Tetapi tak seperti klub-klub lainnya, enam sponsorship utama kami masih aman, mereka bisa memaklumi bahwa semua pertandingan lanjutan Liga 1 2020 masih harus menunggu schedule baru atau turun izin dari pihak Polri. Mereka berkomitmen tetap bertahan di Arema hingga akhir kompetisi kapan pun itu.”

Pria yang akrab disapa Inal itu juga menegaskan, sejak awal PSSI dan PT LIB memutuskan seluruh lanjutan Liga 1 2020 digelar tanpa kehadiran penonton, keenam sponsorship tersebut legowo dan menerima demi lancarnya penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Di luar Singo Edan Apparel (SEA), enam sponsorship Arema FC adalah Bola88.fun, Joseph Refo Investment Inc, Indomie (PT Indofood Sukses Makmur), Rhinoflex (Rhino Indonesia), Kratingdaeng, dan MS Glow For Men.

“Keenam sponsorship juga sepakat dengan kami, bahwa  jedahkompetisi sekian bulan sebelumnya tak dihitung dalam durasi kontrak. Otomatis untuk hak display mereka, meski durasi kontrak nantinya telah selesai, tetap kami cantumkan pada jersey tim selama lanjutan hingga akhir kompetisi Liga 1 2020 nanti. Sementara ini durasi kontrak enam sponsorship masih aman dan baru berakhir Februari 2021,” ujar Yusrinal Fitriandi.

R
Penulis
Rizki Haerullah