news
TINJU
Eks Juara Dunia Kelas Berat Ini Mau Bertarung Lagi di Usia 50 Tahun tapi Turun ke Kelas Menengah
20 October 2020 14:54 WIB
berita
Chris Byrd di kondisi terkini di bobot kelas menengah. -TopSkor.Id/Istimewa-
LAS VEGAS – Petinju lawas yang sudah lama pensiun lalu kembali ke ring tinju seperti jadi tren. Mike Tyson dan Roy Jones Jr sudah jelas. Lalu, Evander Holyfield juga mau. Kini, muncul satu nama lagi yaitu Chris Byrd. Sudah menyatakan keinginannya untuk kembali bertarung dan kini usianya sudah 50 tahun.

Chris Byrd di masa lalu adalah juara dunia kelas berat IBF. Tepatnya pada 14 Desember 2002 hingga 22 April 2006. Chris Byrd merebutnya dari Holyfield dan kehilangan gelar juara dunia oleh Wladimir Klitschko. Chris Byrd terakhir bertarung pada 2009 lalu berhenti karena sakit.




Baca Juga :
- Man-U Keok, Paul Pogba Minta Maaf Atas Kesalahan Penalti 'Bodoh', Legenda Roy Keane Mengamuk
- Diego Maradona dan Lapangan Berlumpur


Penyakit yang diderita Chris Byrd adalah Neuropathy atau kesakitan luar biasa pada tangan dan kakinya. Akibatnya, bobot Chris Byrd menyusut drastis hingga ke batasan kelas menengah untuk seorang petinju. Artinya, Chris Byrd susut hingga lebih dari 20 kilogram. Dari lebih dari 92 kilogram menjadi 72 kilogram.

Sebenarnya, Chris Byrd punya penjelasan sendiri soal ini. “Awalnya, tak ada yang mau bertarung dengan saya di kelas menengah,” kata Chris Byrd. “Lalu, saya banyak makan agar bisa kembali ke kelas berat. Dampaknya, saya malah kesakitan selama 11 tahun. Bahkan, beberapa tahun lalu sampai tak bisa menggerakkan kaki.”


Baca Juga :
- Pele: Sahabatku Maradona, Saya Akan Selalu Memuji Anda
- “Saya Penggemar Inter Mian Sejak Lahir, tapi dengan Pertahanan Seperti Itu, Saya Rasa Kami Tidak Bisa Melangkah Terlalu Jauh,” Kata Legenda Inter Mila


“Rasa sakit di kaki kiri saya begitu hebatnya hingga saya sampai ingin memotongnya saja,” ujar Chris Byrd. “Saya harus membuat beberapa perubahan dan pilihan dalam hidup hingga seperti sekarang ini.” Dalam foto diperlihatkan perubahan drastis pada fisiknya tapi kondisinya sangat baik.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!