news
LIGA SPANYOL
Pernyataan Koeman hanya Penegasan bahwa Performa Lionel Messi Memang Menurun
20 October 2020 14:43 WIB
berita
Bintang Barcelona, Lionel Messi -Topskor.id/Marca
BARCELONA - Bukan hanya Antoine Griezmann, Ronald Koeman pun menyasar Lionel Messi. Untuk kali pertama sebagai pelatih, Koeman menyinggung peforma kapten timnya ini dengan memberikan sedikit kritik. "Dia bisa bermain lebih baik lagi daripada itu," kata Koeman, dalam pernyataannya kemarin.

Kekalahan Barcelona dari Getafe memang menyisakan banyak hal, termasuk soal Messi. Namun, pernyataan Koeman tersebut dinilai sejumlah pihak hanya sebagai penegas bahwa Messi memang sudah tidak lagi berada dalam performa terbaik, khususnya jika dikaitkan dengan gol yang diciptakannya.




Baca Juga :
- Sadar Diincar Manchester City, Lautaro Martinez Tuntut Inter Milan Menaikkan Gajinya 4 Kali Lipat
- Kontrak Messi di Barcelona Kadaluarsa Akhir Musim, Pique Angka Bicara


Masalahnya tentu, jika Messi sulit mendapatkan gol dalam sebuah pertandingan, ketika dirinya tidak mampu melepaskan tembakan ke arah gawang, itu akan menjadi masalah besar bagi Barcelona.

Mudah melihat contoh soal situasi tersebut. Selain lawan Getafe, performa Messi saat lawan Sevilla pun sebagai salah satu momen ketika pemain asal Argentina ini tampil di bawah performa.


Baca Juga :
- Messi atau Ronaldo yang Paling Populer di Amerika Serikat?
- Messi Setuju Potong Gaji, Barcelona Hemat Rp 2 Triliun


Situasi ini, yaitu ketergantungan terhadap Messi dalam sejumlah momen tertentu, menjadi kebiasaan buruk yang mengancam Barcelona.

Dengan kondisi Messi saat ini pula, nyaris tidak mungkin lagi bagi Barcelona menghadapi Messi mampu mencapai jumlah hingga 50 gol per musim. Bahkan, untuk kali pertama, jumlah golnya musim lalu merupakan yang paling rendah dalma kariernya di Los Azulgrana.

Total, Messi hanya mencetak 31 gol. Jumlah tersebut tentu merupakan angka yang sangat diinginkan bagi banyak pemain. Namun, fakta bahwa angka tersebut jauh di bawah standar dari ekspektasi terhadap La Pulga.

Messi belum pernah berada di angka tersebut dalam 10 tahun terakhir. Bahkan, musim lalu, dari 33 laga La Liga, ada 17 pertandingan ketika Messi tidak mampu mencetak gol bagi Barcelona.

Musim ini, dari total empat pertandingan Messi hanya mampu mencetak satu gol dan ini juga menjadi tanda performanya yang mulai menurun.*

Jumlah Gol Messi per Musim dalam 10 Musim Terakhir
2019/20 31 Gol
2018/19 51 Gol
2017/18 45 Gol
2016/17 54 Gol
2015/16 41 Gol
2014/15 58 Gol
2013/14 41 Gol
2012/13 60 Gol
2011/12 73 Gol
2010/11 53 Gol

I
Penulis
Irfan Sudrajat