news
LIGA 1
PT LIB dan PSSI Temui Polri, Demi Kepastian Industri Sepak Bola Indonesia
20 October 2020 08:24 WIB
berita
Jajaran PT Liga Indonesia Baru dan Baintelkam Polri berpose bersama usai pertemuan 26 Agustus 2020, kali ini LIB akan kembali menyambangi kepolisian/ Foto LIB
PT Liga Indonesia Baru(LIB) selaku operator liga akan mendampingi PSSI bertemu Polri untuk bahas kelanjutan kompetisi.

Pertemuan PT LIB, PSSI, dengan Polri untuk membahas kelanjutan Liga 1 musim 2020, begitu juga dengan kompetisi turunannya yaitu Liga 2.




Baca Juga :
- Menpora RI: Kompetisi Sangat Diperlukan untuk Pembinaan Prestasi, Shin Tae-yong Saja Mengeluh
- Bocoran Agenda TC Timnas U-16 Indonesia di Sleman, Mulai 6 Desember


Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan nantinya PT LIB yang akan presentasi di depan Polri.

Kelanjutan kompetisi musim ini, Liga 1 dan Liga 2 2020, masih abu-abu. Tetapi, klub, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), sepakat kompetisi dilanjutkan.


Baca Juga :
- TC Timnas U-16 Indonesia Berakhir, Bima Sakti Lihat Banyak Peningkatan
- Resmi! Bhayangkara FC Ganti nama Menjadi Bhayangkara Solo FC


Namun begitu, hal ini juga belum mendapat kepastian lantaran pihak kepolisian tidak merekomendasikan kompetisi sepak bola diputar selama November-Desember lantaran alasan pandemi dan pilkada.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, PSSI dan PT LIB mengatakan akan melakukan pertemuan dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam waktu dekat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Lelaki berusia 55 tahun ini mengatakan, ingin secepatnya bertemu dengan utusan Polri.

"Secepatnya kami akan lakukan pertemuan dengan Polri. Kami akan mendampingi PSSI untuk meminta kepastian kelanjutan kompetisi," kata Akhmad Hadian Lukita.

"Kami berharap pertemuan nanti akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk kompetisi kita ke depannya," Hadian Lukita menambahkan, Senin (19/10/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, membenarkan akan ada pertemuan antara PSSI, PT LIB, dan Polri, dalam waktu dekat ini .

"Iya benar, nanti berbarengan untuk bertemu dengan Polri. Tapi, nantinya PT LIB yang akan melakukan presentasi kepada Polri," Yunus Nusi menerangkan.

Masalahnya, PSSI dan PT LIB, tidak memberitahukan kapan waktu pasti pertemuan tersebut. Hingga kini waktu pelaksanaan masih abu-abu.

Namun, publik sepak bola berharap PSSI dan PT LIB bisa membuat nota kesepahaman dengan Polri terkait izin keramaian atau izin penyelenggaraan untuk kurun waktu yang lama. Ini penting agar tidak ada lagi hambatan perizinan setiap akan menggelar kick-off, juga tidak ada lagi cerita klub tidak diizinkan bermain di markasnya, dan bisnis sepak bola bisa mendapat kepastian.

Seperti diketahui, sejatinya Liga 1 dan Liga 2 akan diputar kembali pada awal Oktober. Namun, sayangnya gagal digelar karena tiga hari jelang kick-off tidak mendapat izin keramaian dari Polri.

Kompetisi ini pun harus ditunda kembali oleh PSSI dan PT LIB. PSSI berharap kompetisi bisa bergulir kembali pada 1 November atau 1 Desember 2020.

Jika memang tidak bisa, PSSI sudah menyiapkan beberapa opsi jika kembali ditunda. Bahkan, jika digelar pada Januari 2021 sudah disiapkan formatnya.

Salah satu opsi yang dicanangkan PSSI dan PT LIB, jika Liga 1 2020 berlangsung pada Januari 2021 adalah pembagian grup, yakni dua wilayah atau format home tournament seperti Liga 2.*FURQON AL FAUZI

R
Penulis
Rizki Haerullah