news
INFOGRAFIS
Kerap Cedera dan Ketajamannya Menurun, Guardiola Peringatkan Aguero: Dia Harus Buktikan Pantas Main untuk Manchester City
19 October 2020 12:57 WIB
berita
Penyerang Manchester City, Sergio Aguero -Topskor.id/Grafis: Jurpi Lubis
MANCHESTER - Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, memperingatkan Sergio Aguero untuk menunjukkan bahwa dia tetap masih pantas bermain bersama The Citizens, bermain di Liga Primer.

Pep tidak pernah meragukan kemampuan penyerang utamanya ini. Namun, waktu dan usia, serta kondisi Aguero yang mulai kerap absen dihantam cedera, membuat pelatih asal Spanyol tersebut menekankan pentingnya untuk terus bermain maksimal.




Baca Juga :
- Postingan Kontroversial Cavani Akan Diselidiki
- Arteta: Saya Tahu Bahwa Suatu Hari Saya Akan Dipecat


"Yang paling penting adalah Aguero dapat kembali lagi dengan kondisi yang baik, memulai kembali performanya, tidak mendapatkan cedera, dan bermain bagus," kata Guardiola, kemarin.

Pep menegaskan bahwa semua yang ada di City tahu arti Aguero bagi klub ini. Klub juga tahu bagaimana menghargai pemain seperti Aguero.


Baca Juga :
- Edinson Cavani Luar Biasa, Membawa Manchester United Meraih Kemenangan Dramatis, 3-2 atas Southampton
- Sadar Diincar Manchester City, Lautaro Martinez Tuntut Inter Milan Menaikkan Gajinya 4 Kali Lipat


"Tapi, sekarang, dia harus memperlihatkan kepada semua orang, saya terutama, bahwa dia pantas untuk terus melanjutkan karier di sini, bermain bagus, dan memenangkan pertandingan," kata Guardiola lagi.

Aguero memang baru tampil lagi. Penyerang asal Argentina ini diturunkan sebagai starter saat membawa Manchester City menang 1-0 atas Arsenal, Sabtu (17/10).

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Etihad tersebut (City of Manchester), memang menjadi penampilan pemain 32 tahun ini bersama City pada 2020/21 ini setelah dibekap cedera lutut.

Aguero yang sudah tidak bisa bermain sejak Juni lalu mendapatkan nilai positif dari sejumlah pers Eropa, termasuk Sky Sport yang memberikan poin 7 kepada mantan bintang Atletico Madrid ini.

Nilai tersebut tentu tidak mengecewakan untuk mesin gol yang telah lama tidak terlihat di lapangan. Dalam pertandingan tersebut, ada sejumlah poin atau aksi yang diperlihatkan Aguero untuk timnya sebelum dia ditarik dari lapangan pada menit ke-65.

Aguero sempat memiliki peluang yaitu ketika melepaskan tandukan namun bola sundulannya masih mengarah di atas mistar gawang Arsenal.

Selain itu, Aguero terlibat dalam membangun serangan timnya untuk Phil Foden dan dia juga terlibat dalam merancang serangan untuk gol yang diciptakan Raheem Sterling.

Kini, Kun memiliki peluang untuk terus bermain bersama The Citizens. Kehadirannya dalam lini serang City asuhan Guardiola memang sempat diragukan pada awal musim lalu.

Musim ini memang menjadi salah satu penentu kariernya, apakah akan tetap bersama City atau akan pergi. Kontraknya di City akan berakhir pada Juni 2021 nanti.

"Setelah dia berhasil memperlihatkan performa terbaik, klub dan saya akan menentukan kariernya di klub ini. Tapi, saya pastikan jika dia terus bermain dengan level yang bagus, kami tidak pernah meragukannya," kata Guardiola lagi.

Pep menilai Aguero adalah pemain yang  pantas dipertahankan karena rekor-rekor karier yang diciptakannya di tim ini.

"Dia pemain yang unik, statistik sudah memperihatkan, dia penting bagi kami, bagi suporter, dan bagi semua orang di sini," kata Guardiola lagi.

Ini merupakan musim ke-10 Aguero sejak bergabung pada 2011 silam. Sejak saat itu, total Aguero telah menorehkan 254 gol dalam semua ajang dengan 180 gol di antaranya di Liga Primer.

Meski demikian, dalam pencapaian individunya sebagai pemain City, hanya sekali Aguero mampu meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Primer, tepatnya pada 2014/15 ketika dirinya menorehkan 26 gol.

Kini, persaingan untuk memburu gol akan semakin sulit karena munculnya sejumlah bintang muda yang di Liga Primer.

Bahkan, di City dia pun sempat harus bersaing dengan Gabriel Jesus. Musim ini, Guardiola pun mencoba menempatkan Sterling sebagai penyerang.

Meski jelang berusia 30 tahun, Aguero masih memiliki rata-rata gol yang cukup mengesankan. Musim lalu contohnya, dia tampil dalam 24 laga di Liga Primer dengan total menit 1.456.

Dengan demikian, dari 16 gol yang diciptakannya, rata-rata dia mampu mencetak 1 gol setiap 90 menit. Itu merupakan rata-rata terbaik dalam kariernya seperti 2013/14.

Pada musim itu, Aguero mencetak 17 gol dari total 1.539 menit. Performanya yang rendah terjadi pada 2012/13 ketika dia hanya mencetak 12 gol dari 1.941 menit atau 0,56 gol/90 menit.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat