news
UMUM
Inilah Empat Peraih Penghargaan Individu IBL 2020, Dua Diborong NSH Jakarta
18 October 2020 21:48 WIB
berita
Pelatih NSH Jakarta, AF Rinaldo, terpilih sebagai Coach of the Year IBL 2020 -- Media IBL Indonesia
JAKARTA – Kompetisi bola basket nasional paling bergengsi, Indonesian Basketball League (IBL) 2020, memang tidak dilanjutkan. Artinya, tidak ada juara untuk musim ini.

Tapi, IBL tetap memberikan penghargaan individual kepada pemain, wasit, dan pelatih yang paling menonjol sepanjang bergulirnya kompetisi musim ini.




Baca Juga :
- IBL 2020 Dibatalkan, NSH Tetap Lanjutkan Latihan
- Bikin Tenang, Ada Klinik 24 jam dalam Gelembung Kompetisi IBL 2020


Siapa saja mereka? Simak daftar lengkap empat peraih penghargaan yang dirilis IBL, Minggu (18/10/2020):

 


Baca Juga :
- Prawira Bandung, Klub Basket IBL yang ‘Sedarah’ dengan Persib Bandung
- Liga 1 dan Liga 2 Ditunda, IBL 2020 Jalan Terus dan Ada Siaran Langsungnya


Most Valuable Player: Abraham Damar Grahita (Indonesia Patriots)

Damar mencatatkan rata-rata 13,64 angka, 3,64 assist, 2,82 rebound pada setiap pertandingan yang dimainkan Indonesia Patriots pada IBL Pertamax 2020.

Ia menyingkirkan tiga nominasi lainnya. Dengan nilai total 129, Damar mengungguli guard NSH Jakarta Widyanta Putra Teja (89 poin), bintang Louvre Surabaya Daniel Wenas (82 angka), dan rekan satu timnya, Andakara Prastawa Dhyaksa (75 poin).

 

Coach of the Year: AF Rinaldo (NSH Jakarta)

Pelatih NSH Jakarta, Antonius Ferry Rinaldo akhirnya terpilih sebagai Coach of The Year persembahan dari Pertamax. Inal, sapaan karib sang pelatih, unggul atas dua pelatih lainnya, Ocky Tamtelahitu (Pelita Jaya) dan Milos Pejic (Satria Muda Pertamina).

Inal memperoleh total angka 132, Ocky mendapatkan 109 poin dan Milos mencatatkan angka 89 dari 15 jurnalis peliput kompetisi IBL Pertamax 2020.

“Terima kasih kepada IBL, Perbasi, sponsor dan media. Prestasi adalah hasil sebuah kerja keras dan mematuhi sistem yang sudah diterapkan,” kata Inal.

“Tantangannya adalah bagaimana meramu pemain asing dan pemain lokal. Kami juga melakukan evaluasi pada setiap pertandingan dan setiap seri agar selalu bisa memperbaiki penampilan tim,” ujarnya.

“ Tentu gelar ini diraih atas kerja keras tim NSH dari manager, coaching staff dan official serta para pemain karena tanpa mereka saya tidak akan bisa mencapai prestasi seperti ini. Saya juga mengucapkan terima kasih pada istri dan anak yang selalu memberi dukungan,” ucap mantan point guard Timnas Basket Indonesia ini.

 

The Best Referee: Harja Jaladri (Cirebon)

Harja Jaladri menjadi wasit yang baik dalam setiap pertandingan yang dia pimpin. Ia pun dinobatkan sebagai The Best Refferee, persembahan dari Molten.

“Kunci menjadi wasit yang baik adalah persiapan. Jika persiapan baik akan berdampak positif saat kita memimpin pertandingan,” kata wasit berlisensi FIBA asal Cirebon ini.

Persiapan tersebut termasuk terus mempelajari peraturan pertandingan dan menjaga kebugaran fisik. Fisik sangat penting dalam memimpin pertandingan yang makin cepat dan ketat.

“IBL musim 2020 sangat seru, menarik dan menantang buat para wasit. Hadirnya pemain asing membuat kita harus bisa berkomunikasi dan memahami dengan baik. Kualitas pertandingan juga makin bagus,” kata Harja.

 

The Best Foreign Player: Michael Glover (NSH Jakarta)

Mike, sapaannya, mendapatkan nilai 119 hanya terpaut dua angka dari center Pelita Jaya, Dior Lowhorn. Satu kandidat lainnya adalah center Louvre Surabaya Savon Goodman yang memperoleh nilai 94.

Diuluki Optimus Prime, pemain yang baru menjalani debut di Indonesia ini selalu tampil dengan semangat tinggi yang berimbas positif pada penampilan tim.

“Terima kasih untuk tim NSH dan coach yang selalu memberikan dukungan setiap hari saat latihan dan pertandingan. Kami selalu didukung untuk berlatih lebih keras setiap harinya,” kata Mike.

“Bagi saya setiap pertandingan adalah perang yang harus saya menangi. Kunci suksesnya adalah strategi dari coaching staff NSH dan dukungan dari tim yang membuat kami bermain bagus,” katanya.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id