news
LIGA INGGRIS
Siaran Langsung Liga Primer NET TV dan Mola TV: Chelsea vs Southampton, Malam Ini Pukul 21.00 WIB
17 October 2020 13:10 WIB
berita
Penyerang Chelsea, Timo Werner, memburu gol ketika menghadapi Danny Ings (Southampton) dalam laga Liga Primer malam ini -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
LONDON - Sudah empat pertandingan Liga Primer tapi belum ada satu pun gol mampu diciptakan Timo Werner. Penyerang asal Jerman ini pun tidak pernah digantikan dan selalu menjadi penyerang utama Chelsea dari empat laga awal kompetisi domestik sepak bola Inggris.

Satu-satunya peran yang berhubungan dengan gol adalah assist yang diciptakannya pada pekan pertama saat The Blues menang 3-1 atas Brighton Albion.




Baca Juga :
- Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Manchester United vs Chelsea, Malam Ini Pukul 23.30 WIB
- Permintaannya Ditolak Pemerintah, Marcus Rashford Bergerak Sendiri, Menghimpun Dukungan Memberi Makanan bagi Anak-anak di Inggris


Namun, tentu itu tidaklah cukup. Werner yang baru menorehkan satu gol untuk Chelsea di ajang Piala Liga, tampaknya harus segera mendapatkan gol tersebut, sebelum dirinya dinilai sebagai penyerang yang "mengalami kebuntuan".

Untuk pemain yang didatangkan dengan nilai 53 juta euro dari RB Leipzig, melewatkan 360 menit tanpa gol di Liga Primer tentu akan menjadi pertanyaan. Apalagi, ekspektasi terhadap dirinya begitu tinggi.


Baca Juga :
- Gareth Bale soal Debutnya sebagai Starter di Tottenham: Permainan Saya Masih Kaku
- Fan Chelsea Minta Petr Cech Jadi Pelapis Edouard Mendy, “Dia 10 Kali Lebih Baik daripada Kepa”


Di sisi lain, dia mendapatkan pemain yang sudah dikenalnya di timnas Jerman, Kai Havertz. Gelandang serang yang juga kreatif dan keduanya salah satu generasi baru dalam timnas Jerman.

Hari ini atau Sabtu (17/10) malam WIB, penyerang 24 tahun tersebut dapat menjawab tantangan ini ketika The Blues menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Primer pekan ke-5 di Stadion Stamford Bridge.

Empat pertandingan tanpa gol memang bukan sesuatu yang biasa bagi Werner. Turbo, panggilan Wenrner bahkan selalu langsung panas ketika musim baru dimulai.

Musim lalu contohnya, ketika dirinya masih di RB Leipzig. Pada empat laga awal Bundesliga 2019/20, Werner selalu mencetak gol dalam tiga awal di antaranya. Total, lima gol ditorehkan Werner dari pekan ke-1 hingga ke-3 Bundesliga.

Setidaknya, dalam setiap empat laga awal kompetisi bersama Leipzig, dia tidak pernah absen mencetak gol. Pada 2018/19, satu gol dalam empat laga, sedangkan 2017/18 empat gol dalam empat laga awal.

Kini, jelang lawan Southampton, dia masih mencari gol pertamanya di Liga Primer sejak bergabung ke Chelsea pada 18 Juni lalu. Ya, Werner adalah salah satu pemain yang lebih awal tercatat dalam aktivitas transfer musim panas lalu.

Malam ini, mampukah dia mengakhiri kebuntuan tersebut, atau dia akan kembali harus menunggu lebih lama lagi? Ada dua pemain yang menunggu untuk mendapatkan kembali status penyerang utama. Mereka adalah Olivier Giroud dan Tammy Abraham.

Giroud selalu siap jika kesempatan itu datang. Bahkan, khusus lawan Southampton, dia termasuk penyerang yang unik.

Total, bintang asal Prancis ini telah mencetak tujuh gol menghadapi Southampton. Yang menarik, empat pertandingan terakhir di antaranya dia ciptakan justru setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Lalu Tammy Abraham. Kehadiran Werner tampaknya justru memengaruhi performanya di Chelsea. Abraham baru mencetak satu gol dari tiga laga yang dimainkannya.

Abraham memang langsung masuk bangku cadangan pada pekan pertama, saat lawan Brighton dan tidak diturunkan.

Namun, pelatih Frank Lampard tampaknya masih membutuhkan pemain ini ketika Werner belum menemukan gol. Dalam dua laga terakhir Liga Primer, Abraham selalu diturunkan sebagai starter dengan Werner bermain di sisi kiri pada pola 4-2-3-1.

Karena itu, duel lawan Southampton bisa menjadi kesempatan Werner untuk tetap membuat Lampard percaya kepada dirinya. Yang menarik, ini akan menjadi tantangan yang tampaknya lebih sulit karena Werner akan menghadapi pelatih yang sudah sangat dikenalnya, Ralph Hasenhuetll.

Sebelum melatih Southampton, nama Hasenhuetll memang salah satu pelatih yang menarik perhatian karena mampu membawa Leipzig bersaing di Bundesliga. Sejak 2016 hingga 2018, pelatih asal Austria inilah yang berada di balik sukses Werner menjadi mesin gol di Bundesliga.

Bahkan, laga ini sudah dinantikan oleh pria 53 tahun tersebut. Jelang menghadapi pertandingan ini, Hasenhuetll pun antusias bereuni dengan mantan bintangnya tersebut.

"Saya akan menjumpainya setelah pertandingan nanti dan saya berharap saat itu dia yang tidak bahagia,"  kata Hasenhuettl, tersenyum.

Dia berharap Werner akan kembali mendapatkan hari yang tidak bagus pada laga nanti. "Dia adalah pemain yang hebat dan saya sangat mengenalnya, tapi saya berharap dia tidak akan mencetak gol pada pertandingan nanti," katanya.

Perkiraan Pemain Chelsea vs Southampton

Southampton pun tampaknya siap dalam membendung serangan The Blues di Stamford Bridge. Setidaknya, Tha Saints akan datang di laga ini dengan membawa rapor pertahanan yang mengesankan, tidak pernah kemasukan dalam dua laga terakhir Liga Primer.

Setelah kekalahan telak dari Tottenham Hotspur di pekan kedua, Danny Ings dan kawan-kawan menang 1-0 atas Burnley lalu mengalahkan West Brom 2-0.

Mereka bisa mencatatkan tiga kali clean sheet beruntun untuk kali pertama sejak menorehkannya pada 2016 silam (September-Oktober).

Pertahanan Chelsea dengan kiper Kepa Arrizabalaga yang tengah menjadi sorotan, bakal diuji oleh Ings, penyerang berpengalaman.

Sepanjang 2020 ini, Ings total telah menorehkan 13 gol di Liga Primer.

Southampton pun datang dengan membawa rapor cukup bagus dalam tandang, mengoleksi 20 poin sepanjang 2020 ini. Mereka juga mengalahkan Chelsea dalam laga tandang di Stamford Bridge, musim lalu.

Pertandingan ini akan disiarkan langsung oleh NET TV, sedangkan di Mola TV dapat disaksikan di link: https://mola.tv/watch?v=vd01968899 pada pukul 21.00 WIB.

I
Penulis
Irfan Sudrajat