news
LIGA INGGRIS
Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Everton vs Liverpool, Derby Merseyside Malam Ini Pukul 18.30 WIB
17 October 2020 09:53 WIB
berita
Derbi Merseyside menampilkan dua pemain kreatif asal Amerika Selatan: James Rodriguez dan Roberto Firmino, malam ini pukul 18.30 WIB -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
LIVERPOOL - Pertama adalah Tottenham Hotspur yang menjadi korban Everton. Namun, kemenangan 1-0 pada pekan pertama Liga Primer 2020/21 hanya sekadar langkah awal.

Selanjutnya, The Toffees mengalahkan West Bromwich Albion, Crystal Palace, dan Brighton Albion. Empat laga telah dilalui pasukan Carlo Ancelotti dengan empat kemenangan pula, 12 poin sempurna yang telah mereka raih.




Baca Juga :
- Permintaannya Ditolak Pemerintah, Marcus Rashford Bergerak Sendiri, Menghimpun Dukungan Memberi Makanan bagi Anak-anak di Inggris
- Gareth Bale soal Debutnya sebagai Starter di Tottenham: Permainan Saya Masih Kaku


Namun, semua itu belum cukup untuk menegaskan status mereka sebagai pesaing yang pantas diperhitungkan dalam meraih gelar Liga Primer 2020/21.

Everton hanya butuh satu kemenangan penting, kemenangan besar yang dibalut dengan gengsi. Dan, kesempatan itu ada pada hari ini, Sabtu (17/10) malam ini, ketika menjamu juara bertahan musim lalu: Liverpool.


Baca Juga :
- Fan Chelsea Minta Petr Cech Jadi Pelapis Edouard Mendy, “Dia 10 Kali Lebih Baik daripada Kepa”
- Tampil Impresif bersama Everton Awal Musim Ini, Nilai Transfer Dominic Calvert-Lewin Naik 80 Kali Lipat


Ini adalah Derby Merseyside, duel yang mempertemukan dua tim sekota. Liverpool tetaplah tim yang sangat kuat meski pada laga terakhir mereka digulung secara mengejutkan oleh Aston Villa, dua pekan lalu, 2-7.

Pasukan Juergen Klopp tercecer di peringkat kelima klasemen sementara. Namun, bagaimanapun kekalahan tersebut tidak menempatkan The Reds di luar dari kontestan peraih gelar.

Mereka tetap diunggulkan karena ini baru empat putaran. Kecuali, jika mereka kembali terpeleset dalam laga malam ini di Stadion Goodison Park.

Dengan semua situasi tersebut, baik Everton dan Liverpool sama-sama memiliki peluang menjadikan duel hari ini sebagai momentum. Pertanyaan besarnya saat ini justru lebih menarik dari sisi Everton. Ya, apakah mereka memang benar-benar Everton yang berbeda?

"Bagi saya tidaklah mengejutkan melihat Everton berada di posisinya saat ini (posisi pertama di klasemen sementara)," kata Klopp, mengomentari laga yang akan dihadapi timnya malam ini.

Ini kali pertama ketika Derby Merseyside akan digelar dengan posisi Everton berada di puncak klasemen sementara.

Situasi ini tidak pernah terjadi sejak September 1989. Karena itu, wajar jika ada antusiasme besar dalam atmosfer Everton.

Jika ada kesempatan terbaik untuk mengalahkan Liverpool, inilah momen yang sangat tepat karena mereka memiliki statistik atau rapor positif sepanjang musim ini.

Dimulai dari Dominic Calvert-Lewin yang total telah mencetak 9 gol hanya dalam enam pertandingan bersama Everton dalam semua ajang pada musim ini.

Tidak ada penyerang di lima liga besar Eropa yang mampu mencatatkan rapor tersebut.

Produktivitas Calvert-Lewin salah satu kunci sukses Everton melangkah sejauh ini. Dia selalu menandai setiap pertandingan Liga Primer musim ini dengan gol.

Karena itu, penyerang 23 tahun ini berpeluang menjadi pemain pertama Everton yang mampu mencetak gol dalam lima laga awal Liga Primer sejak Tommy Lawton pada 1938/39.

Lalu James Rodriguez. Gelandang bertipikal playmaker yang saat ini menjadi perhatian besar. Tanpa James, Everton tidak akan bisa sejauh ini.

Bintang timnas Kolombia tersebut terlibat dalam terciptanya enam gol dalam lima pertandingan di semua ajang (tiga gol dan tiga assist).

Lalu Richarlison. Jika membandingkan rapornya musim ini dengan musim lalu, produktivitasnya memang berbeda.

Namun, Richarlison yang baru mencetak satu gol dan itu pun dari penalti pada musim ini, bagian yang tidak terpisahkan dari koneksi kerja sama trio lini depan Everton yang dibangun Ancelotti.

Trio inilah yang harus diwaspadai pertahanan Liverpool. Faktor Goodison Park juga pantas diperhitungkan oleh Klopp karena hanya dalam dua laga kandang terakhir Liga Primer, Everton mampu menorehkan 9 gol!

Jadi, rapor tersebut cukup untuk membuat Everton mengubah sejarah atau tradisi buruk yang hingga saat ini terus mengikuti mereka dalam derby Merseyside.

Ancelotti dan pasukannya bisa mengubah rapor yang memperlihatkan bahwa tim ini tidak pernah menang dalam 19 duel terakhir sejak 10 tahun silam. Tepatnya sejak kemenangan Everton 2-0 atas Liverpool pada Oktober 2010.

Perkiraan Pemain Everton vs Liverpool

The Toffees boleh jadi telah mengendus kemenangan tersebut karena di bawah mistar Liverpool, tidak ada kiper Alisson Becker yang masih dalam proses penyembuhan cedera. Klopp masih akan mengandalkan Adrian, kiper yang membuat gawang timnya kemasukan tujuh gol.

Namun, Liverpool tetaplah Liverpool karena mereka masih memiliki trio lini depan yang mengakutkan. Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Performa Firmino bersama timnas Brasil dengna dua gol yang diciptakannya ke gawang Bolivia, memperlihatkan false 9 ini bisa melanjutkannya di Goodison Park.

Bobby tidak pernah mencetak gol ke gawang Everton dari enam pertandingan. Namun dia memberikan dua assist dari sembilan laga derby Merseyside.

"Anda bertanya tentang Firmino? Dia dalam kondisi yang sangat prima dan dia telah mencetak dua gol bersama timnas Brasil," kata Klopp, tersenyum.

Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV malam ini pukul 18.30 WIB dengan link: https://mola.tv/watch?v=vd01961167.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat