news
LIGA SPANYOL
Ronald Koeman Beri Peringatan kepada Antoine Griezmann: Yang Menentukan Posisi Itu Saya, Bukan Anda
16 October 2020 20:43 WIB
berita
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman -Topskor.id/asdiario
BARCELONA - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memanfaatkan konferensi pers jelang laga pekan ini menjawab persoalan Antoine Griezmann yang selama dua pekan terakhir muncul ke permukaan.

"Saya sudah berbicara dengan Griezmann hari ini soal posisinya dan soal performanya, tapi yang menentukan posisi di mana dia bermain adalah saya, bukan pemain," kata Koeman, dengan nada tegas, dalam konferensi pers hari ini.




Baca Juga :
- Parah, dalam Tiga Laga Terakhir di La Liga, Real Madrid Sudah Kena Lima Kali Penalti
- Ini Awal Terburuk Real Madrid dari Semua Musim, Kata Zidane


Koeman tidak mau membahas terkait pernyataan sejumlah tokoh, termasuk pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, yang menilai bahwa posisi Griezmann di Barcelona adalah keliru.

Pelatih asal Belanda ini juga mengaku tidak kecewa dengan semua itu, termasuk pernyataan Griezmann sendiri terkait perannya di timnas Prancis yang berbeda dengan di Barcelona.


Baca Juga :
- Kontrak Messi di Barcelona Kadaluarsa Akhir Musim, Pique Angka Bicara
- Messi Setuju Potong Gaji, Barcelona Hemat Rp 2 Triliun


"Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya. Yang saya lakukan adalah untuk kebaikan tim. Saya ingin dia memulai dari sayap kanan, dia dapat bermain sebagai pemain dengan karakter 10 atau bahkan 9," kata Koeman lagi.

Sebagai pelatih, Koeman menegaskan dirinya yang memberikan perintah, "Pemain harus mengikuti," kata Koeman.

Isu posisi Griezmann memang menjadi perhatian. Sebelum pernyataan Koeman tersebut, Rivaldo juga memberikan pandangannya terkait masalah ini.

Mantan bintang Barcelona tersebut memberikan sudut pandang yang berbeda dengan pelatih timnas Parancis, Didier Deschamps.

Sejak awal musim, isu tentang posisi Griezmann memang justru menjadi lebih besar ketimbang persoalan yang ada di Barcelona sebelumnya yaitu tentang keinginan Lionel Messi yang ingin pergi serta dilanjutkan dengan kepergian Luis Suarez.

Kini, kedua persoalan pemain tersebut boleh jadi telah selesai, kecuali soal Messi yang masih harus menunggu hingga akhir musim soal masa depannya. Namun, intinya, persoalan Messi masih bisa menunggu seiring berjalannya waktu.

Sekarang, yang menjadi sorotan justru Griezmann. Semua karena posisi penyerang 29 tahun tersebut yang ditempatkan sebagai penyerang sayap kanan oleh pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman.

Peran tersebut dinilai telah membuat Griezmann kehilangan kemampuan terbaiknya. Situasi kemudian menjadi lebih intens ketika bersama timnas Prancis, dia ditempatkan sebagai pemain yang bermain di belakang duet penyerang timnas Prancis.

Intinya, ada penilaian bahwa Koeman membuat kekeliruan karena menempatkan Grirezmann di posisi tersebut. Penempatan posisi yang benar bagi Griezmann adalah yang diterapkan pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps.

"Saya sangat senang, saya dalam kondisi yang sangat baik bermain di posisi ini," kata Griezmann, dalam konferensi persnya terkait posisinya yang diberikan oleh Deschamps.

Kini, dia kembali lagi ke Barcelona setelah bermain untuk Prancis. Yang dihadapinya kini kembali terkait posisinya di Barcelona yang tampaknya tidak akan berubah.

Rivaldo, yang pernah bermain untuk Barcelona pada 1997 hingga 2002, justru melihat inti persoalannya bukanlah soal posisi melainkan tentang kemauan dan tekad Griezman untuk bermain di posisi yang diminta Koeman.

"Saya menilai bahwa persoalan Griezmann di Barcelona bukan karena dia ditempatkan di posisi yang salah. Masalahnya adalah, Anda (Griezmann) harus lebih percaya diri. Dia hanya membutuhkan itu, harus percaya, dia harus memiliki keyakinan bahwa kualitasnya harus dibuktikan di Camp Nou," kata Rivaldo, seperti yang disampaikan kepada pers Spanyol, as.

Mantang bintang timnas Brasil itu kemudian mengingatkan bahwa selama di Prancis dia memang bermain di posisi yang sama dan pelatih yang sama untuk beberapa tahun.

"Tapi di Atletico, buktinya dia bisa menjadi bintang dan dia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meraihnya," kata Rivaldo lagi.

Karena itu, Rivaldo yakin bahwa Griezmann pun tidak memiliki tantangan yang berbeda di Barcelona. "Dia dapat bermain di mana pun yang dia inginkan dan memperlihatkan dia juga pemain yang bagus di tim mana pun," kata Rivaldo, menegaskan.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat