news
LIGA 1
Achsanul Qosasi Luncurkan Buku Perjalanan Kariernya di Sepak Bola, dari PS Merpati hingga Madura United
15 October 2020 22:59 WIB
berita
Presiden Madura United Achsanul Qosasi / Foto : Topskor.id / Noval Luthfianto
JAKARTA – Bos Madura United Achsanul Qosasi meluncurkan memoar perjalanannya dalam dunia sepak bola.

Memoar tersebut dituangkan dalam buku berjudul “Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow hingga Liverpool.”




Baca Juga :
- Leonard Tupamahu Ungkap Makna di Balik Permainan Golf yang Disukainya
- Di Penang FC, Ryuji Utomo Akan Bermain di Lini Tengah


“Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto,” kata Achsanul Qosasi dikutip dari Antara, Kamis (15/10/2020).

Buku setebal 120 halaman ini menyajikan rangkaian kisah perjalanan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI itu.


Baca Juga :
- Persib Buka Akademi di Pati, Berharap Dapat Talenta Baru untuk Liga 1
- Cerita Spesial Pelatih Borneo Mario Gomez Bertanding Melawan Maradona, "Dengan Maradona, Boca seperti Bermain dengan 12 Pemain"


Mulai dari PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI, menjadi petinggi di PSSI, hingga mengakuisisi Madura United.

Melalui tangannya, Madura United menjelma sebagai salah satu klub elite di kancah tertinggi sepak bola Indonesia

Klub berjulukan Laskar Sape Kerrab itu bahkan pernah dijuluki Los Galacticos-nya Indonesia karena dihuni sederet pemain bintang yang mentereng.

Geliat sepak bola Madura juga mulai menggema di seluruh pelosok. Jika dulu sebagian orang-orang di pulau Garam bangga terhadap Persebaya Surabaya, kini mereka memiliki rasa memiliki klub asal pulaunya sendiri.

Achsanul juga mengisahkan bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura. Bahkan, menurutnya dalam buku tersebut, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura United.

Sebut saja salah satunya mantan penyerang klub Liga Inggris West Bromwich Albion, Peter Odemwingie, yang juga mantan penyerang tim nasional Nigeria.

Hal lain yang ditulisnya adalah anak perempuannya, Annisa Dzafarina, yang disebut-sebut sebagai titisan Achsanul Qosasi.

Putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan akan diproyeksikan sebagai penerus ayahnya. “Sampai enggak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family,” kata dia.

Buku ini juga memuat sederet testimoni. Antara lain dari Greg Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo, hingga Rahmad Darmawan dan Direktur PT Polana Bola Madura Habib Zia Ulhaq.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id