news
UMUM
Hasil Akhir: Timnas U-19 Indonesia Ditahan Makedonia Utara U-19, Permainan Timnas Mudah Dibaca
14 October 2020 21:58 WIB
berita
JAKARTA- Tim nasional Indonesia U-19 gagal melanjutkan tren kemenangan pada uji coba yang berlangsung di Kota Split, Kroasia.

Timnas U-19 kali ini harus puas bermain imbang tanpa gol pada uji coba kedua menghadapi timnas Makedonia Utara U-19, di Stadion NK Junak, Sinj, Kroasia.




Baca Juga :
- Kurniawan Dwi Yulianto Digantikan Lucas Kalang Laeng di Sabah FA
- Beberapa Pemain Timnas U-19 Belum Maksimal secara Fisik, Teknik, dan Mental


Sebelumnya Garuda Muda sukses mendulang kemenangan besar dengan mengalahkan tim lokal NK Dugopolje dengan skor 3-0

Tiga hari berselang, Bagas Kaffa dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Makedonia Utara U-19, skor 4-1. Rotasi pemain di beberapa posisi sejak awal laga menjadi faktor utama agresivitas timnas U-19 menurun.


Baca Juga :
- Program Main Bola Yuk, Bukan Sekadar Adu Juggling
- Inilah Mimpi Besar Sulut United di Sepak Bola Indonesia


Babak Pertama
Rotasi di beberapa posisi dilakukan pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong pada pertemuan kedua kali ini. Rotasi yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut sejatinya tak berjalan optimal di awal laga.

Chemistry antarpemain terlihat tak begitu padu. Lini tengah yang biasanya bisa dikuasai dengan baik kali ini terlihat ada celah.

Timnas Makedonia Utara U-19 pun tampil lebih baik di pertandingan kali ini. Pelatih Makedonia Utara U-19 Arslani Shkumbin tampaknya menurunkan para pemain terbaik yang dimiliki dan melakukan pembenahan demi bisa membalas pada laga pertama.

Terbukti, sejumlah peluang berbahaya diciptakan Makedonia Utara selam 25 menit pertama. Beruntung, penjaga gawang timnas U-19 Muhammad Adi Satryo tampil cukup gemilang.

Kiper PSMS Medan tersebut tercatat tiga kali melakukan penyelamatan krusial sepanjang babak pertama. Sementara sisi agresivitas timnas U-19 dalam melancarkan serangan seakan hilang.

Permainan dari sisi sayap lebih dominan. Duet lini tengah Muhammad Kanu Helmiawan dan Beckham Putra justru lebih sibuk meladeni duel-duel fisik dengan barisan gelandang Makedonia Utara U-19.

Satu-satunya peluang emas Garuda Muda diciptakan oleh M Bahril Fajar Faresa pada menit ke-36. Sayangnya, tendangan keras kaki kiri striker bernomor punggung 24 ini hanya membentur tiang gawang.

Sayangnya, Bahril harus ditarik keluar pada menit ke-43 digantikan Jack Brown karena mengalami sedikit cedera. Hingga turun minum tak gol yang tercipta.

Babak Kedua
Mandeknya irama permainan timnas U-19 di babak pertama membuat Shin Tae-yong harus melakukan beberapa perubahan di awal babak kedua.

Setalah Jack Brown masuk di akhir babak pertama, tiga pemain baru dimasukan Shin Tae-yong seusai turun minum. Dua bek yakni Rizki Ridho dan Bagas Kaffa masuk menggantikan Komang Teguh dan Bayu Fiqri.

Sedangkan kapten tim David Maulana dimasukan untuk memberikan kreativitas di lini tengah. Masuknya David dan Bagas langsung memberikan efek positif dari segi penyerangan.

Witan Sulaeman yang sepanjang babak pertama seakan "menghilang" mulai aktif melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan lawan ditopang oleh Bagas Kaffa.

Menambah daya gedor, Shin Tae-yong memasukkan darah segar Brylian Aldama menggantikan Beckham sementara Mochamad Supriadi comeback menggantikan Saddam Emiruddin.

Namun, hingga akhir laga tak ada gol juga yang tercipta. Skor akhir 0-0 mewarnai uji coba kesembilan yang dimainkan timnas U-19 selama Training Camp di Kroasia.

Susunan Pemain Timnas U-19 Indonesia vs Makedonia Utara U-19

Timnas Indonesia U-19 Indonesia (4-4-2): M Adi Satryo; Bayu M Fiqri, Komang Teguh, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Beckham Putra, M Kanu, Irfan Jauhari; M Bahril Fajar, Saddam Emiruddin

 

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....