news
MOTOGP
Petrucci soal Momen Finis Pertama di GP Le Mans: Saya Katakan kepada Diri Saya, Hari Ini Mereka Tidak Akan Bisa Mengejar Saya
11 October 2020 21:06 WIB
berita
Pembalap Ducati, Danilo Petrucci, saat merayakan kemenangan di podium, dalam GP Le Mans, Prancis, Minggu (11/10) -Topskor.id/twitter
LE MANS - Pembalap Ducati, Danilo Petrucci, mengekspresikan kegembiraannya setelah memenangkan GP Le Mans (Prancis), malam ini. Petrucci tampil sebagai juara dalam MotoGP putaran ke-9 ini mengalahkan semua unggulan, termasuk sang pemimpin klasemen, Fabio Quartararo.

Tidak ada yang menyangka Petrucci yang akhirnya sebagai pemenang. Apalagi, GP kali ini digelar di Prancis, negeri asal Quartararo. Meski demikian, keberuntungan tampaknya memang tengah menaungi Petrucci.




Baca Juga :
- Lorenzo Baldassarri Dambakan MotoGP
- ‘Pengalaman Petrucci Akan Sangat Berharga,’ Bos Tech3 KTM Yakin dengan Kapasitas Sang Pembalap asal Italia


Pembalap asal Italia tersebut sudah memimpin sejak lap pertama. Ditambah dengan sejumlah pembalap yang terjatuh seperti Valentino Rossi, situasinya membuat Petrucci mengakui bahwa sepanjang memimpin lomba, dia meyakinkan dirinya bahwa akan memenangkan lomba ini.

Hujan yang sempat mengguyur sebelum lomba dimulai, membuat trek memberikan tantangan baginya sementara bagi pembalap lain justru menjadi sangat menyulitkan. Petrucci mengakui bahwa dia tampil di lomba ini untuk membungkam semua yang meragukan kemampuannya.


Baca Juga :
- Kabar Baik, KTM Bakal Terus di MotoGP hingga Lima Tahun ke Depan
- Waduh, Begini Kondisi Suzuki Ecstar Usai Ditinggal Davide Brivio


"Saya tampil di lomba ini dengan sepenuh hati saya karena saya mendengar begitu banyak hal. Namun sejak kemarin, saya mengatakan kepada diri saya apakah itu lintasan yang basah atau kering, besok saya akan mencoba memenangkan lomba," kata Petrucci, yang pada 24 Oktober nanti akan genap berusia 30 tahun, dalam komentarnya setelah lomba berakhir.

Petrucci pun menceritakan momen-momen ketika dirinya memimpin dalam lintasan di GP Le Mans ini. Dia mengakui bahwa ketika  itu dirinya yakin sekali akan memenangkan race dan yang dibutuhkan saat itu adalah mengatur semuanya dengan baik.

"Ketika saya melihat air di lintasan, saya mengatakan kepada diri saya bahwa race ini akan keras tapi saya tidak terbebani. Lalu, dalam sebuah momen, Dovi (Andrea Doviziosi) mencoba memberikan perlawanan dan dari layar besar (maxi screen) saya melihat Alex Marquez juga mencoba memberikan perlawanan," kata Petrucci, bercerita.

"Ketika itulah saya terus menekan gas, tapi saya tidak lagi dapat melihat mereka karena layar lebar sudah tidak menampilkan lagi. 10 laps tersisa yang panjang, tapi saya mengatakan kepada diri saya: Hari ini, mereka tidak akan bisa mengejar saya," kata Petrucci.

Dan, akhirnya, harapan Petrucci pun terwujud. Dia tampil sebagai pemenang dalam GP Le Mans ini, yang merupakan kemenangan pertama pada MotoGP 2020. Bahkan, ini kali pertama dia meraih podium pada MotoGP tahun ini.

Ini menjadi kali kedua dalam kariernya di MotoGp Petrucci tampil sebagai pemenang. Yang pertama diraihnya pada musimm lalu (2019) dalam GP di Italia.

Meski demikian, faktanya, GP Prancis memang semakin bersahabat dengannya, setidaknya dalam tiga tahun terakhir ini.

Dimulai pada 2018 lalu ketika dirinya meraih podium posisi kedua di GP Prancis. Lalu pada tahun lalu (2019) finis di posisi ketiga. Dan, kini, dia meraih hasil yang lebih baik, tampi sebagai juara.

Petrucci pada MotoGP 2020 ini menjadi pembalap mengejutkan. Pasalnya, sejak putaran ketiga, selalu ada pemenang yang berbeda.

Setelah Quartararo memenangkan dua GP awal, pemenang dalam GP selanjutnya selalu bergantian. Brad Binder pada putaran ketiga di GP Ceko, lalu Andrea Doviziosi di putaran keempat GP Austria, lalu Miguel Oliveira yang giliran tampil sebagai pemenang di GP Styrian.

Sedangkan di GP putaran keenam atau GP San Marino, Franco Morbidelli, lalu Maverick Vinales di GP Emilia Romagna, dan baru kembali Quartararo sebagai pemenang di GP Katalunya. Kini, giliran Petrucci yang membuat kejutan.*

Klasemen MotoGP Putaran Ke-9
1. Fabio Quartararo (Yamaha) 115 poin
2. Joan Mir (Suzuki) 105
3. Andrea Dovizioso (Ducati) 97
4. Maverick Vinales (Yamaha) 96
5. Takaaki Nakagami (Honda) 79
6. Franco Morbidelli (Yamaha) 77
7. Jack Miller (Ducati) 75
8. Pol Espargaro (KTM) 73
9. iguel Oliveira (KTM) 69
10. Danilo Petrucci (Ducati) 64
11. Brad Binder (KTM) 62
12. Alex Rins (Suzuki) 60
13. Valentino Rossi (Yamaha) 58
14. Johann Zarco (Ducati) 47
15. Alex Marquez (Honda) 42

I
Penulis
Irfan Sudrajat