news
LIGA 1
Stefano Cugurra Tak Lupakan Peran sang Ayah yang Ikut Mengasahnya Jadi Pelatih Sukses dengan Tiga Gelar
11 October 2020 19:34 WIB
berita
Pelatih Bali United Stefano Cugurra -- Foto : Topskor / Sri Nugroho
GIANYAR – Sosok Stefano Cugurra yang saat ini menjadi pelatih kepala Bali United memang bisa dibilang salah satu pelatih sukses di Liga Indonesia.

Torehan tiga gelar juara Liga Indonesia baik saat menjadi pelatih fisik maupun pelatih kepala menjadi bukti tangan dingin pelatih asal Brasil ini.




Baca Juga :
- Leonard Tupamahu Ungkap Makna di Balik Permainan Golf yang Disukainya
- Di Penang FC, Ryuji Utomo Akan Bermain di Lini Tengah


Seperti diketahui, Teco menjabat pelatih fisik Persebaya Surabaya saat juara Liga Indonesia 2004. Ketika itu Bajul Ijo ditangani Jacksen F Tiago.

Setelah itu dalam dua musim beruntun, Teco menjuarai Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta dan Liga 1 2019 saat menangani Bali United.


Baca Juga :
- Marko Simic Ingin Bertahan Hingga 100 tahun Persija
- Persib Buka Akademi di Pati, Berharap Dapat Talenta Baru untuk Liga 1


Namun ternyata perjalanan karier pelatih yang karib disapa Teco ini tidak serta merta mudah ia jalani.

Seperti halnya pelatih lainnya, pria 46 tahun ini juga pernah melewati proses sebagai asisten pelatih dan bahkan pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB).

"Dulu saya sempat ikut pendidikan di perguruan tinggi khusus pelatih fisik di Brasil selama empat tahun," kata Teco dalam video di Youtube Official Bali United.

"Saya juga mengikuti proses sebagai pelatih Sekolah Sepak Bola dulu sebelum menjadi pelatih fisik dan asisten pelatih. Tapi saat itu mimpi saya memang menjadi seorang pelatih kepala seperti saat ini," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Teco yang beristrikan wanita Indonesia ini juga bercerita tentang besarnya peran sang ayah, Gildo Rodrigues dalam perjalanan kariernya.

"Ya, ayah saya dulu juga adalah pelatih. Dia pernah menjadi pelatih Vasco da Gama dan pernah juga bekerja di beberapa negara salah satunya Kuwait. Selama delapan tahun di sana, dia pernah bawa timnya juara Liga Kuwait," ujar Teco.

"Dari sana saya sebagai anak juga aktif sering ikut ayah saya ketika ada sesi latihan. Saya pikir itu penting untuk membuat saya cinta dengan sepak bola" imbuhnya.

Stefano Cugurra sendiri saat ini masih melakukan persiapan bersama Bali United guna menghadapi lanjutan Liga 1 2020 yang sempat tertunda karena pandemi virus Covid-19.*Liga-Indonesia.id/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id