news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Lionel Messi, Enam Gol Lagi Menyamai Rekor Pele
10 October 2020 14:41 WIB
berita
Lionel Messi kini telah mencetak 71 gol di timnas Argentina atau berjarak enam gol dari pencapaian Pele di timnas Brasil -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
BUENOS AIRES - Satu laga satu gol, Lionel Messi perlahan tapi pasti menambah jumlah golnya bersama timnas Argentina.

Jumat (9/10) lalu, dengan gol penalti tersebut, La Pulga menjadi penentu kemenangan Tim Tango atas Ekuador, 1-0, dalam laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan.




Baca Juga :
- El Clasico Barcelona vs Real Madrid: Koeman vs Zidane, Messi vs Ramos, Griezmann vs Benzema
- 900 Hari Lewat sejak Kali Terakhir Lionel Messi Mencetak Gol ke Gawang Real Madrid


Itu kali ketiga dalam tiga laga terakhir bersama timnas Argentina, bintang Barcelona ini selalu mencetak satu gol. Sebelumnya, Messi juga menorehkan gol hampir setahun lalu saat lawan Uruguay.

Pada pertandingan 18 November lalu itu, gol penalti Messi pada menit ke-92 membuat Argentina terhindar dari kekalahan dalam laga yang berakhir 2-2.


Baca Juga :
- Gerard Pique: Camp Nou Pantas Berganti Nama menjadi Lionel Messi dan Mereka Membuat Akun yang Kerjanya Hanya Mengkritik Legenda Barca
- "Ini Salah Satu Hari Teristimewa dalam Hidup Saya." Neymar Ucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Mantan Pacar yang Juga Ibu dari Putranya


Tiga hari sebelumnya atau 15 November 2019, satu gol Messi menentukan kemenangan atas Brasil dalam pertandingan bertema Superclasico de las Americas 2019.

Kini, Messi total telah mencetak 71 gol bersama timnas Argentia. Dengan demikian pula penyerang 33 tahun ini hanya berjarak 6 gol dari total gol El Rey Pele, legenda sepak bola Brasil yang total mencetak 77 go d tingkat timnas.

Saat ini, Messi masih di luar dari 10 besar dengan 71 gol tersebut dalam daftar pencetak gol terbanyak di tingkat timnas.

Rekor untuk kategori ini masih dipegang bintang timnas Iran, Ali Daei dengan 109 gol. Sedangkan di posisi kedua ada Cristiano Ronaldo dengan 101 gol.

Di bawah keduanya ada Ferenc Puskas (Hungaria) dengan 84 gol, Godrey Chitalu (Zambia) 79 gol, Hussein Saeed (Irak) 78 gol, Pele (Brasil) 77 gol, lalu ada Sandor Kocsis (Hungaria), Kunishige Kamamoto (Jepang), Bashar Abdullah (Kuwait), yang masing-masing mencetak 75 gol, lalu Sunil Chhetri (India) dengan 72 gol.

"Penting untuk selalu memulai dengan kemenangan karena kamitahu betapa sulitnya fase kualifikasi ini. Semua pertandingan akan sangat keras," kata Messi, terkait kemenangan pada laga pertama kualifikasi tersebut.

Menurut Messi, dia menilai bahwa timnya mengharapkan performa yang lebih baik lagi dari aspek permainan. "Namun, saya kira hasil ini wajar karena kami sudah lama tidak bermain bersama," dia menambahkan.

Gol tersebut pun membuat Messi Messi semakin menegaskan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Argentina. Sedangkan dari aspek jumlah pertandingan, Messi yang telah tampil dalma 139 pertandingan, semakin dekat dengan rekor Javier Mascherano yang tampil dalam 147 laga untuk Tim Tango dan Javier Zanetti 143 laga.

Korban Favorit

Gol Messi ke gawang Ekuador sekaligus juga memperlihatkan bahwa Messi selalu menjadi predator bagi lawannya tersebut. Bersama Uruguay, Brasil, dan Paraguay, mereka adalah tim yang menjadi korban terbanyak Messi (masing-masing 5 gol) dari total 29 timnas yang minimal menjadi korban satu gol Messi.

Dari 71 gol yang diciptakannya, 34 di antaranya dalam ajang uji coba (persahabatan), lalu 9 gol di ajang Piala Amerika, 6 di Piala Dunia, dan 22 gol dalam kualifikasi Piala Dunia.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat