news
LIGA 1
10 Klub Liga 1 2020 yang Ditinggal Pemain Asingnya di Tengah Buramnya Kompetisi
09 October 2020 15:42 WIB
berita
Pemain asing Persita Tangerang, Mateo Bustos - Ady Sesotya
JAKARTA -- Setidaknya ada 10 klub Liga 1 2020 yang kehilangan pemain asingnya di tengah ketidakjelasan lanjutan kompetisi.

Paulo Sergio menjadi nama pemain asing teranyar yang angkat kaki dari Liga 1, sehingga eks-klubnya Bali United masuk daftar ini.




Baca Juga :
- Tunggu Lanjutan Liga 1, Penyerang Persita Ini Tekuni Olahraga Muay Thai
- Deretan Pemain Thailand di Persib


Penyelesaian masalah pribadi dan hendak menemui keluarga jadi alasan pemain asing asal Portugal ini meninggalkan klubnya.

Dekat dengan keluarga di tengah pandemi Covid-19 memang jadi alasan banyak pemain asing tak melanjutkan kiprahnya di Liga 1 musim ini.


Baca Juga :
- Pelatih Persebaya Aji Santoso: "Kalau Sampai Nol Sangat Berat"
- Persik Kediri Kembali Ditinggal Satu Pemain Asingnya


Meskipun, tidak sedikit pula karena alasan adanya perubahan nilai kontrak, sehingga mereka akhirnya memilih untuk berganti klub.

Adapun kompetisi saat ini memang masih buram. Lanjutan Liga 1 yang sedianya dimulai 1 Oktober 2020 mengalami penundaan.

Durasi penundaan disebutkan satu bulan, namun itu masih tergantung apakah pihak kepolisian memberikan izin di November 2020.

TopSkor.id coba mengulas 10 klub Liga 1 2020 yang harus menerima kenyataan ditinggal pemain asing. Berikut selengkapnya:

Tira Persikabo

Fenomena pemain asing meninggalkan Liga 1 2020 yang dijeda pada Maret 2020 diawali oleh Petteri Pennanen dari Tira Persikabo.

Pandemi Covid-19 jadi alasan gelandang asal Finlandia ini hengkang dan Tira Persikabo hingga kini tidak mencari pengganti dirinya.

Pennanen melanjutkan kariernya di klub lama yang sebelumnya dibela di negaranya, KuPS.

Arema FC

Tidak tanggung-tanggung, ada empat pemain asing yang meninggalkan Arema FC, walau dengan alasan yang berbeda-beda.

Jonathan Bauman dan Oh In-kyun tidak bisa melanjutkan Liga 1 2020 karena tidak sepakat dengan renegosiasi kontrak di Arema FC.

Sementara Elias Alderete dan Matias Malvino, didepak oleh klub berjulukan Singo Edan itu karena tak sesuai yang diinginkan pelatih.

Persipura Jayapura

Persipura Jayapura terpaksa kehilangan dua pilarnya, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha dalam melanjutkan kompetisi musim ini.

Perpisahan terjadi karena renegosiasi kontrak tidak menemui kesepakatan. Menariknya dua pemain asing tersebut sama melanjutkan karier di tim asal Malta, Slieman Wanderers FC.

Persik Kediri

Macan Putih, julukan Persik Kediri, dipastikan melanjutkan Liga 1 2020 tanpa Nicola Asceric dan Ante Bakmaz.

Nama pertama tidak bisa kembali ke Indonesia sebab ingin bersama keluarga di Serbia dan nama kedua sudah izin berpindah klub.

Persik bahkan terancam kehilangan satu pemain asing lain yakni Gaspar Vega yang hingga kini belum kelihatan batang hidungnya.

Persela Lamongan

Rafael Gomes de Oliveira atau akrab dikenal Rafinha pamit, mengakhiri kisahnya bersama Persela Lamongan setelah hampir 1,5 musim karena tak sepakat dengan renegosiasi kontrak.

Persita Tangerang

Persita Tangerang harus kehilangan pemain asing yang cukup menjanjikan meski baru mencicipi kompetisi di Indonesia, Mateo Bustos.

Setelah sempat tertahan di Indonesia saat pandemi Covid-19, gelandang asal Argentina ini tak akan lagi ambil bagian di Liga 1 2020.

Mateo memilih untuk dekat dengan keluarga setelah "berhasil" mudik dan Persita sudah mengeluarkan keputusan tak akan mencari penggantinya.

Barito Putera

Satu lagi pemain asing yang angkat kaki dari Indonesia, dan perannya bakal dilanjutkan dengan talenta lokal yang ada.

Dia adalah Yaser Islame Pinto yang sejatinya baru menjadi bagian dari Barito Putera mulai musim ini, namun tak lanjut karena alasan yang tak dipublikasikan.

Madura United

Madura United berpisah dengan pemain asing asal Ghana, Emmanuel Oti Essigba, karena tidak menemui kesepakatan renegosiasi kontrak.

Emmanuel Oti Essigba pun lekas mendapat klub baru yakni FC Vizela di Liga 2 Portugal. Dan Madura United menunjuk Bruno Lopes sebagai penggantinya.

PSM Makassar

Juku Eja, julukan PSM Makassar, tidak akan lagi diperkuat bek tangguhnya Hussein El Dor pada lanjutan Liga 1 karena telah resmi berpisah.

Tidak diketahui penyebab berakhirnya kerja sama. Yang jelas bek asal Lebanon itu telah mendapat pelabuhan baru yakni klub asal negaranya, Al Ansar.

PSM juga terancam kehilangan dua pemain asing lain, sebab sejauh ini baru Wiljan Pluim yang ikut dalam latihan.

Serif Hasic belum diketahui kabarnya dan Giancarlo Lopes seperti telah mengucapkan salam perpisahan di Instagram pribadinya.

"Terima kasih untuk segalanya," tulis Giancarlo di unggahan fotonya berseragam PSM. TopSkor.id sudah mencoba mengonfirmasi namun belum ada jawaban hingga tulisan ini dibuat.

Bali United

Terakhir, seperti yang sudah dijelaskan di awal, adalah Paulo Sergio yang mengakhiri kisahnya bersama Bali United.

Sejauh ini klub berjulukan Serdadu Tridatu itu diisukan bakal menjadikan Diego Assis sebagai pengganti Paulo Sergio, namun klub masih bergeming.* Taufani Rahmanda/02

Sementara itu, berikut TopSkor.id sajikan klub Liga 1 2020 yang masih lengkap komposisi pemain asingnya:

Bhayangkara FC: Guy Herve, Lee Yoo-joon*, Ezechiel Ndouasel, Renan Silva, Lee Won-jae
Borneo FC: Javlon Guseynov, Nuriddin Davronov, Diogo Campos, Francisco Torres
Persebaya: Makan Konate, David da Silva, Aryn Williams, Mahmoud Eid
Persib: Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Omid Nazari
Persija: Marc Klok*, Marko Simic, Rohit Chand, Marco Motta
Persiraja: Bruno Dybal, Adam Mitter, Samir Ayass, Vanderlei Fransisco
PSIS: Bruno Silva, Jonathan Cantilana, Wallace Costa, Flavio Beck
PSS: Alfonso de la Cruz, Brian Ferreira, Guilherme Batata, Yevhen Bokhashvili

*Sedang dalam proses naturalisasi menjadi WNI.

T
Penulis
Taufani Rahmanda