news
LIGA INTERNASIONAL
Ini 10 Besar Transfer Termahal Musim Panas 2020/21 di Eropa
06 October 2020 22:20 WIB
berita
Ruben Dias (kiri), Kai Havertz (tengah), dan Thomas Partey -Topskor.id/istimewa
LONDON - Pada 4 September, Kai Havertz resmi bergabung ke Chelsea. Gelandang asal Jerman ini meninggalkan Bayer Leverkusen setelah The Blues membayar 80 juta euro (sekitar Rp1,17 triliun) sebagai harga transfer.

Kehadiran Havertz pun diyakini akan membuat lini tengah The Blues semakin kuat dan kreatif. Havertz adalah gelandang serang yang memiliki kemampuan dalam mengatur serangan dan memberikan assist kepada rekan setimnya.




Baca Juga :
- Ini Rekor yang Bisa Ditorehkan Tottenham Hotspur jika Menang lawan Chelsea Malam Ini
- Jose Mourinho vs Frank Lampard, antara Cinta dan Benci: Persahabatan Keduanya Telah Berakhir pada 2014 Silam


Dengan nilai transfer tersebut, Havertz menjadi pemain termahal. Setelah itu, tidak ada lagi transfer pemain yang mampu melewati nilai Havertz saat dibeli Chelsea dari Bayer Leverkusen.

Nilai ini sekaligus menjadi tantangan bagi Havertz, mampukah dia membuktikan bahwa harga tersebut memang pantas dikeluarkan klub asal London ini untuk membawanya ke Stamford Bridge.


Baca Juga :
- Lampard Sedang Bekerja Keras “Mengembalikan” Christian Pulisic
- Kurt Zouma Mengungguli Harry Maguire sebagai Raja Sundulan di Liga Primer Musim Ini


Tidak membutuhkan waktu lama bagi pemain Havertz untuk menjawab pertanyaan tersebut di lapangan. Setelah membawa Chelsea menang dalam debutnya sebagai pemain Chelsea di ajang Liga Primer, Havertz menggebrak pada ajang Piala Liga 2020/21.

Tepatnya pada 23 September lalu, Havertz langsung mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut dan membawa Chelsea menang 6-0.

Ya, Havertz menorehkan gol pertamanya sebagai pemain Chelsea dengan cara yang sangat baik: Hattrick.

Tiga gol dalam satu laga itu pun merupakan kali pertama dalam kariernya sebagai pemain. Status pemain termahal Chelsea akan terus dia bawa sepanjang kariernya di Liga Primer.

Di bawah Havertz ada Arthur Melo yang bergabung dari Barcelona ke Juventus, lalu di posisi termahal ketiga adalah Victor Osimhen ketika Napoli membelinya dari Lille dengan nilai 70 juta euro.

Dalam aktivitas transfer ini pula ada pembelian permanen oleh Paris Saint Germain (PSG) terhadap Mauro Icardi. Musim lalu, Icardi memang hanya bermain di Les Parisiens sebagai pemain pinjaman. Kini, PSG resmi memberikan 50 juta euro kepada Inter sebagai tanda bawha Icardi adalah pemain Juventus, bukan lagi pinjaman.

Yang menarik, harga tersebut tidak berbeda dengan gelandang Thomas Partey. Pemain ini meninggalkan Atletico Madrid untuk bergabung ke Arsenal dengan status pembelian penuh bernilai 50 juta euro.

Dengan nilai tersebut, Partey masuk 10 besar dalam daftar teransfer termahal musim ini di bawah sejumlah bintang seperti Timo Werner, Ben Chillwell, dan Icardi. Kepergian Partey memang sempat dikhawatirkan oleh pelatih Atletico, Diego Sieone.

Meski demikian, Simeone telah mendapatkan gantinya yaitu Lucas Torreira. Pemain asal Uruguay ini bergabung ke Atletico dengan status pinjaman. Boleh jadi, ini juga sebagai bagian dari negosiasi transfer Partey ke Arsenal.*

10 Transfer Termahal 2020/21
1. Kai Havertz (Leverkusen ke Chelesa), 80 juta euro
2. Arthur (Barcelona ke Juventus), 72 juta euro
3. Victor Osimhen (Lille ke Napoli), 70 juta euro
4. Ruben Dias (Benfica ke City), 68 juta euro
5. Miralem Pjanic (Juventus ke Barcelona), 60 juta euro
6. Alvaro Morata (Atletico ke Juventus), 56 juta euro
7. Timo Werner (Leipzig ke Chelsea), 53 juta euro
8. Ben Chillwell (Leicester ke Chelsea), 50,2 juta euro
9. Mauro Icardi (Inter ke PSG), 50 juta euro
10. Thomas Partey (Atletico ke Arsenal), 50 juta euro

I
Penulis
Irfan Sudrajat