news
TINJU
Bikin Bingung! Ada Petinju Aneh di Daftar Peringkat Kelas Berat WBA, antara Titipan atau Rekayasa
05 October 2020 10:12 WIB
berita
Christopher Lovejoy, petinju aneh yang ada di daftar peringkat kelas berat WBA. -TopSkor.Id/Istimewa-
NEW YORK – Badan tinju dunia adalah organisasi independen yang masing-masingnya punya regulasi sendiri. Berapa banyak mereka membuat gelar juara dunia sampai urusan peringkat sepenuhnya dirancang sendiri tanpa campur tangan pihak luar. Termasuk di WBA yang dianggap badan tinju paling bergengsi.

Ada bahasan menarik yang ditulis oleh Phil Jay dari WBN soal satu nama yang ada dalam daftar peringkat kelas berat WBA. Di awal tahun, pengamat tinju dunia dibuat tercengang oleh WBA setelah melihat daftar tersebut. Ada nama Christopher Lovejoy di urutan ke-10 daftar peringkat kelas berat WBA.




Baca Juga :
- Ini Rekor yang Bisa Ditorehkan Tottenham Hotspur jika Menang lawan Chelsea Malam Ini
- Live SCTV: Tottenham vs Ludogorets, Penentu ke Babak Gugur Liga Europa


Artinya, Lovejoy termasuk salah satu petinju yang bisa menantang juara dunia. Masalahnya, Lovejoy punya catatan pertarungan yang unik. Berusia 36 tahun dan berasal dari Amerika Serikat, Lovejoy hanya punya catatan pertarungan sebanyak 19 kali. Semuanya menang KO tapi ada keanehan.

Semua lawan Lovejoy ternyata adalah petinju biasa saja atau malah di bawah rata-rata. Soalnya, jumlah kemenangan dari 19 petinju lawan Lovejoy itu hanya 57 kemenangan. Artinya, masing-masing dari mereka jarang menang. Setelah dilihat lagi, semua lawan Lovejoy adalah petinju asal Meksiko dan pertarungannya di Meksiko juga.


Baca Juga :
- Hanya Juventus yang Dapat Memisahkan Gian Piero Gasperini dengan Atalanta
- INFOGRAFIS: Duel Jose Mourinho vs Josep Guardiola, Tajam, Sinis, dan Historis


Sudah jadi pendapat umum kalau Meksiko tak punya petinju bagus di kelas berat. Meksiko banyak melahirkan juara dunia hebat tapi di kelas jauh di bawah kelas berat. Lalu, WBN menuliskan keanehan kedua dari daftar peringkat kelas berat WBA itu tapi masih soal Lovejoy.

Pada daftar terbaru yang dirilis pada Agustus lalu, tahu-tahu nama Lovejoy pindah ke posisi 15 atau turun lima peringkat. Ini pun masalah karena Lovejoy selama sembilan bulan atau sejak masuk peringkat 10 itu tidak pernah bertarung. Bagaimana bisa seorang petinju turun peringkat padahal dia tak bertarung sama sekali pada periode tertentu.

Kasus Lovejoy memang aneh. Antara titipan entah dari siapa atau sekadar rekayasa WBA. Jika rekayasa, apa alasannya pun tak jelas. Pastinya, semua bakal bingung jika melihat kasus Lovejoy ini.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!