news
INFOGRAFIS
Menanti Debut Ruben Dias, Solusi bagi Masalah Pertahanan Man City
03 October 2020 14:23 WIB
berita
LEEDS - Ruben Dias akan tampil dalam debutnya sebagai bek Manchester City, malam ini saat tandang menghadapi Leeds United.

Dias datang untuk mengatasi persoalan lini belakang The Citizens yang belakangan bercelah. Pekan lalu, City kalah dari Leicester City dengan kemasukan lima gol.




Baca Juga :
- Permintaannya Ditolak Pemerintah, Marcus Rashford Bergerak Sendiri, Menghimpun Dukungan Memberi Makanan bagi Anak-anak di Inggris
- Gareth Bale soal Debutnya sebagai Starter di Tottenham: Permainan Saya Masih Kaku


Itu kali pertama dalam karier Josep Guardiola sebagai pelatih bahwa timnya kemasukan lima gol dalam sebuah laga. Dan, ini juga kali pertama setelah 12 tahun City kemasukan lima gol dalam sebuah laga.

Dalam dua laga terakhir Liga Primer, gawang City kini sudah kemasukan enam gol, termasuk satu kemasukan ketika menang atas Wolverhampton Wanderers pada pekan pertama,3-1.


Baca Juga :
- Mourinho Mengingatkan bahwa Kualitas Gareth Bale Tidak Lagi Sama seperti Tujuh Tahun Lalu
- Kehadiran Cristiano Ronaldo, Ibrahimovic, dan Lukaku Bikin Serie A Jadi Liga Paling Produktif Gol Musim Ini


Pertahanan memang menjadi isu terkait apa yang menjadi kelemahan tim ini. Musim lalu, merupakan rata-rata kemasukan terburuk kedua yang dialami The Citizens dalam empat musim terakhir.

Aspek pertahanan City yang paling jelak terjadi pada 2016/17. Ketika itu, rata-rata mereka kemasukan 1,0 gol per 90 menit.

Sedangkan pada 2017/18 menurun menjadi 0,7 kemasukan per laga. Lalu pada 2018/19 menjadi yang paling bagus dengan 0,6 kemasukan per pertandingan.

Namun, persoalan pertahanan dialami City pada 2019/20 ketika mereka kemasukan 0,9 gol per laga. Aspek inilah yang menjadi penyebab mereka gagal mempertahankan gelar Liga Primer.

Musim lalu, ketika Liverpool memastikan gelar Liga Primer, City kemasukan 12 gol lebih banyak dibandingkan dengan Liverpool.

Meski kemudian di akhir musim perbedaannya tipis (Liverpool kemasukan 33 dan City kemasukan 35), itu memperlihatkan.

Jarak 18 poin City dari Liverpool juga memperlihatkan bawha mereka memang lemah di pertahanan. Liverpool merupakan tim terbaik dalam aspek bertahan dengan kemasukan 33 gol tersebut, dua gol lebih sedikit dibandingkan dengan City.

Ruben Dias ketika diperkenalkan sebagai pemain Manchester City, Selasa lalu (Man. City)

Karena itu, kedatangan Dias dapat dipahami bahwa City berupaya mengambal kekurangan di lini pertahanan mereka. Kini, Dias akan memperlihatkan apakah dia mampu langsung memperlihatkan kemampuan terbaiknya sebagai bek, menjadi jawaban bagi persoalan The Citizens.

Dengan nilai transfer sekitar 68 juta euro (sektiar Rp1,18 triliun), Dias merupakan pemain termahal dalam bursa transfer musim ini di Eropa. Dalam konferensi persnya, Guardiola tampak memberikan tanda kemungkinan dia akan menurunkan bek 23 tahun ini.

"Dias telah berlatih dengan kami dua kali, kemarin dan hari ini (Jumat)," kata Guardiola. "Dia akan segera beradaptasi dengan kami dan dia akan menjadi bagian dari tim untuk pertandingan lawan Leeds, Pep menambahkan.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat