news
LIGA INGGRIS
Arkadiusz Milik Si Pencuri Permen Bikin Hiruk Pikuk Liga Inggris
01 October 2020 20:19 WIB
berita
Arkadiusz Milik menjadi incaran Tottenham
LONDON - Penyerang Polandia Arkadiusz Milik kemungkinan akan dibawa ke Liga Premier.  Tottenham terkunci dalam pembicaraan dengan klubnya Napoli. Pemain ini sebelumnya jadi target Manchester United.

Tetapi Milik, 26 tahun, tidak memiliki masa kecil yang ideal. Dia ditinggalkan oleh ayahnya saat masih kecil. Pada usia enam tahun, dia diduga merokok dan mengutil, karena tampaknya dia melakukan perbuatan yang salah. Namun, pelatih sepak bola Polandia melihat bakatnya dan membantunya mencapai mimpinya menjadi pesepakbola.




Baca Juga :
- Gareth Bale Masuk, Tottenham Diberondong West Ham Tiga Gol, Mourinho Frustasi
- "Kiper Ini Sudah Habis." Bukan Hanya di MU, di Timnas Spanyol pun David De Gea Blunder dan Di-bully Warganet


Dan dia bisa saja berakhir di Tottenham - yang dikatakan bersedia membayar £ 25 juta untuk target man - di awal kariernya. Namun, percobaan yang gagal sebagai remaja, di bawah pengawasan mantan manajer Harry Redknapp. 

Lahir di Tychy, kota kecil yang berjarak 12 mil dari Katowice, ayah Milik meninggalkan dia dan ibunya. Adalah S?awomir 'Moki' Mogilan, seorang pelatih sepak bola lokal, yang mengambil peran sebagai figur ayah. Dia membimbing seorang Milik muda menuju potensinya, meskipun dia keluar dari rel pada usia enam tahun.


Baca Juga :
- Mantan Istri Edinson Cavani Sebut Striker Itu Telah Mengkhianati Tuhan dan Keluarganya
- Arkadiusz Milik soal Pencoretan Namanya dari Skuat: Napoli Tidak Memperlakukan Saya dengan Baik


"Pada usia enam tahun, dia kurang ajar, merokok dan mencuri permen di toko-toko," ungkapnya kepada as.

Milik mengakui pengaruh Moki dalam hidupnya. "Moki muncul dalam hidupku dan menyelamatkanku," katanya.

Kembali pada tahun 2011, Milik dilaporkan diadili di Tottenham ketika Harry Redknapp bertanggung jawab atas raksasa London Utara. Tapi setelah gagal mengesankan pelatih, Spurs memutuskan untuk tidak membayar Rozwój Katowice £ 100.000 untuk jasanya.

Alasan mereka pada saat itu adalah mereka percaya memiliki striker yang jauh lebih baik saat itu.

Tim Championship Reading juga melewatkan kesempatan untuk merekrut Milik, sebelum ia meledak di panggung setahun kemudian di Gornik Zabrze.

Milik pernah mengungkapkan mimpinya bermain untuk Manchester United. "Saya adalah pendukung Setan Merah. Saya ingin bermain di Old Trafford suatu hari nanti," ujar Milik.

"Untuk saat ini, bagaimanapun, saya adalah pesepakbola Bayer Leverkusen, dan saya sangat jauh dari Manchester."

Dan rekan penyerang idealnya adalah setim internasional Robert Lewandowski, yang telah dikaitkan dengan kepindahan ke Liga Premier di masa lalu.

"Akan menyenangkan bermain di sisi Robert, terutama di Manchester United," katanya.

Milik menjadi hit besar di Gornik Zabrze di musim keduanya sebagai seorang profesional.

Pada 2012-13, ia berhasil mencetak delapan gol dalam 15 pertandingan, yang mendorong raksasa Bundesliga Bayer Leverkusen untuk berpisah dengan £ 2,5 juta untuk bakat yang menjanjikan.

Tapi dia gagal untuk menetap di Jerman. Penderitaannya diperparah oleh pinjaman yang gagal ke FC Augsburg. Dia hanya mencetak dua gol dalam 20 pertandingan.

Dituduh tidak waras, ia dipinjamkan ke Ajax, yang ternyata adalah anugrahnya. Pada 2015 Leverkusen dan Ajax menyetujui kesepakatan untuk menjadikan kesepakatan pinjaman Milik permanen. Kali ini, prestasinya justru meroket.

Dibawa untuk menggantikan Kolbeinn Sigþórsson yang pergi sebagai No9 klub, ia mencetak 47 gol dalam 75 pertandingan. Manajer Frank de Boer memanfaatkan kemampuan terbaiknya - memainkannya secara sentral di tiga penyerang. Dan pelatihan dengan Dennis Bergkamp membantunya berkembang lebih jauh.

"Saya pemain yang lebih baik sekarang daripada di musim panas 2014," ujarnya kepada ELF Voetball pada 2016.

"Memiliki Bergkamp sebagai salah satu pelatih kami di Ajax membantu. Dia selalu ada. Bahkan setelah latihan dia ingin kami berlatih menembak.

"Di situlah saya sering melatih kaki saya yang kurang terampil. Sangat membantu bekerja dengan legenda seperti dia. Ini berkaitan dengan detail-detail kecil, hal-hal dari para striker."
"
Napoli dan Selanjutnya 
Setelah setahun di Belanda, di mana reputasinya di pentas Eropa tumbuh berkat penampilan impresif di Liga Europa, Serie A datang memanggil.

Napoli membayar sekitar £ 32 juta untuk pemain Polandia ini. Dia diharap bisa membantu Napoli menyalip Juventus. 

Namun, setelah awal yang sukses untuk hidup di Napoli termasuk dua gol melawan AC Milan, Dynamo Kiev, dan Bologna, cedera serius menghentikan awal yang menjanjikan.

Ligamen anterior yang robek dalam pertandingan internasional melawan Denmark mengancam akan mengakhiri musimnya. Tapi empat bulan kemudian dia kembali dengan seragam Napoli. Milik telah menjadi pemain depan yang dibenci para bek. Musim lalu, Milik mencetak 14 gol di semua kompetisi. Dia memiliki 48 gol dalam 122 pertandingan untuk raksasa Serie A.

Kini, dia membuat hiruk pikuk Premier League. Milik bisa memberikan cadangan yang memadai untuk Harry Kane.* 

news
Penulis
Suryansyah