news
LIGA INGGRIS
Aneh, Klub Sebesar Manchester United Tidak Punya Jabatan Direktur Olahraga
01 October 2020 15:28 WIB
berita
Ramon Rodriguez "Monchi" - TopSkor/Istimewa
MANCHESTER – Fakta bahwa kub sebesar Manchester United tidak memiliki direktur olahraga (atau direktur sepak bola atau direktur teknik) adalah sesuatu yang sulit dipercaya oleh direktur olahraga Sevilla, Ramon Rodriguez alias Monchi.

Sebelumnya, memang sempat beredar kabar yang menyebutkan Setan Merah tengah mempertimbangkan untuk mendatangkan seseorang yang akan menduduki jabatan itu dan bekerja sama dengan pelatih Ole Gunnar Solskjaer dan wakil ketua eksekutif Ed Woodward.




Baca Juga :
- AS Roma dan Frank Lampard Memuji Aksi Marcus Rashford yang Terus Membantu Anak-anak Kurang Mampu di Inggris
- Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Manchester United vs Chelsea, Malam Ini Pukul 23.30 WIB


Legenda MU seperti Rio Ferdinand dan Patrice Evra disebut-sebut sebagai nama-nama yang jadi kandidatnya. Begitu juga dengan mantan direktur olahraga Paris Saint Germain, Antero Henrique, dan kepala bidang olahraga Red Bull, Ralf Rangnick, juga masuk dalam daftar.

Tapi, para petinggi MU kemudian mengurungkan niat menyediakan jabatan itu dan keputusan ini membuat Monchi terkejut. Menurut, pria 52 tahun asal Spanyol yang juga sempat diincar untuk jadi direktur olahraga Setan Merah dan Arsenal ini, klub sebesar MU harus punya jabatan itu.


Baca Juga :
- Permintaannya Ditolak Pemerintah, Marcus Rashford Bergerak Sendiri, Menghimpun Dukungan Memberi Makanan bagi Anak-anak di Inggris
- Mason Greenwood Dicap Ceroboh dan Tidak Profesional, Manchester United Sentil Disiplinnya yang Buruk


“Ini opini saya, semua klub harus punya direktur olahraga,” kata Monchi kepada The Telegraph.

“Apakah fungsi utamanya? Untuk menghabiskan waktu buat segala sesuatu yang ada hubungannya dengan urusan olahraga.

“Ke mana saja larinya 60 atau 70 persen anggaran yang dialokasikan untuk tim inti akan sangat sulit dipahami jika kita tidak punya seseorang yang khusus menangani itu.

“Saya mengerti bahwa ada klub-klub yang sangat sukses termasuk MU yang barangkali masuk dalam lima besar di dunia, yang tidak punya jabatan khusus untuk itu.

“Tapi, saya pikir klub-klub sekarang menjadi lebih sadar bahwa mereka sangat membutuhkan posisi ini dan kami juga menjadi penghubung antara staf teknik, skuat, dan dewan direksi. Kami mengetahui pasar, kami mendapatkan banyak informasi dari berbagai pencari bakat.

“Jadi, saya sulit percaya jika ada klub yang tidak punya jabatan khusus ini. Saya pikir itu sangat penting.”

Monchi meninggalkan AS Roma pada Maret 2019 dan sempat disebut-sebut bakal menduduki jabatan direktur olahraga Arsenal. Tapi, dia malah kembali ke klub lamanya, Sevilla.

Monchi menghabiskan kariernya sebagai pemain dengan menjadi penjaga gawang di Sevilla sebelum diangkat sebagai direktur sepak bola pada 2000.

Dalam 17 tahun masa jabatannya, Monchi membantu klub Andalusia itu memenangi 11 trofi termasuk lima gelar Piala UEFA/Liga Europa.

Penciumannya yang sangat tajam dalam menemuk bakat-bakat muda istimewa membuat Monchi menjadi sangat dikagumi dalam jabatannya. Dialah yang menemukan pemain seperti Sergio Ramos, Jose Antonio Reyes, Dani Alves, Julio Baptista, dan Ivan Rakitic, dan membawanya ke Sevilla.

R
Penulis
Rijal Al Furqon