news
LIGA SPANYOL
Regulasi Pembelian Darurat Dihapus Federasi Spanyol, Kasus Braithwaite Tak Akan Terulang
01 October 2020 14:39 WIB
berita
Martin Braithwaite, striker FC Barcelona. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – Aturan dibuat agar segala tatanan teratur. Jika aturan malah bikin kacau dan berdampak negatif, sebaiknya hapus saja. Ini merujuk pada situasi di Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang telah meninjau sebuah aturan dan menurut kabar terbaru, regulasi tersebut sudah dihapus.

Masih segar dalam ingatan bagaimana FC Barcelona membeli Martin Braithwaite dari Leganes di bulan Februari 2020 atau setelah bursa transfer musim dingin ditutup. Barca memakai regulasi sepak bola Spanyol yang tertuang pada Pasal 124 ayat 3. Soal pembelian pemain di luar bursa transfer.




Baca Juga :
- Sergino Dest, Bek Kanan Jago Gocek Ini Pakai Nomor 2 di Barca, Sudah Lihat-lihat Camp Nou
- Eric Bailly Harus Patuhi Pesan Solskjaer Ini jika Ingin Terus Bermain, MU Tetap Berharap


Syaratnya, di tim tersebut ada pemain yang absen lama sehingga bisa membuat tim pincang atau tak bisa bermain dengan tim utuh. Saat itu, Ousmane Dembele cedera padahal sebelumnya Luis Suarez juga sudah dirawat setelah menjalani operasi. Barca defisit striker lalu didatangkanlah Braithwaite.

Setelah regulasi itu tersedia lama di Spanyol, hanya Barca yang kali pertama memakainya. Celakanya, Leganes tak bisa memakai regulasi serupa untuk mencari pengganti Braithwaite karena tak ada yang cedera lama di sana. Padahal, Braithwaite adalah pemain paling diandalkan di Leganes.


Baca Juga :
- Donny Van De Beek Bisa Dapat Peran Baru karena Main Bagus saat lawan Brighton, Ini Posisinya
- Prediksi Formasi Milan vs Rio Ave, Pioli Mau Pakai Tujuh Pemain di Dua Laga Liga Europa


Dampaknya, Leganes makin terpuruk permainannya hingga akhirnya terdegradasi. Celakanya lagi, regulasi itu dimanfaatkan pula oleh Celta Vigo yang mendatangkan Nolito di luar bursa transfer dengan alasan kiper mereke, Sergio Alvarez cedera. Padahal, Nolito adalah winger.

Akibat kekacauan yang ditimbulkan regulasi ini, RFEF pun menghapusnya. Lumayan, Barca sempat memanfaatkannya meski pemain yang dibeli tak memberikan dampak signifikan.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!