news
LIGA SPANYOL
Krisis di Barca, Bartomeu Bisa Dilengserkan oleh Mosi Tidak Percaya yang Telah Penuhi Persyaratan
01 October 2020 08:39 WIB
berita
Presiden FC Barcelona Jose Maria Bartomeu yang sedang digoyang untuk dilengserkan. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – FC Barcelona seperti tak bisa jauh dari drama di sepanjang 2020 ini. Setelah episode Lionel Messi usai, gantian ada drama soal pelengseran Presiden Barca Jose Maria Bartomeu. Tak main-main, anggota klub Barca telah menggalang kekuatan untuk membuat mosi tidak percaya kepada Bartomeu.

Caranya, dengan mengumpulkan tanda tangan. Jika persyaratannya terpenuhi, Bartomeu pun bisa dilengserkan. Saat ini, sudah terkumpul 20.687 tanda tangan. Angka ini sudah melewati batas minimal untuk mosi tidak percaya yaitu 16.250 tanda tangan. Masih ada proses 10 hari untuk mengecek keabsahan tanda tangan itu.




Baca Juga :
- Benevento vs Juventus: Inzaghi Tidak Terkejut Pirlo Dibuang Inter
- Pelatih Swedia Menemui Zlatan Ibrahimovic, Bahas Rencana Penyerang AC Milan Ini Kembali ke Timnas


Ahli membaca tulisan tangan atau graphologist pun dilibatkan. Sejauh ini, 85 persen dari 20.687 tanda tangan telah dinyatakan otentik dan sah. Dengan demikian, hari-hari Bartomeu di Barca akan selesai. Artinya, Bartomeu pun tak akan sampai di pemilu Barca pada Maret 2021 nanti.

Sebenarnya, bayang-bayang Barca bakal ganti presiden sudah tergambar belakangan ini. Rangkaian pengambilan keputusan yang salah dan klimaksnya adalah Barca tanpa trofi di musim 2019/20. Moncong senjata berpelurukan kritik tajam tak pelak langsung memberondong Bartomeu.


Baca Juga :
- Ibrahimovic Minta FIFA 21 Selidiki Pencatutan Nama dan Wajahnya di Video Games EA Sports
- Christian Abbiati Menilai AC Milan dan Napoli Akan Bersaing Memperebutkan Scudetto, Dimulai dengan Duel Keduanya Pekan Ini


Meski rezim Bartomeu berhasil mempertahakan Messi tapi caranya tetap dianggap tak elegan karena seperti menyandera sang kapten. Khawatir Barca bisa lebih terpuruk lagi, maka mosi tidak percaya pun menggelinding untuk melengserkan Bartomeu yang telah dianggap gagal total memimpin klub.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!