news
LIGA INGGRIS
Diogo Jota Ikuti Jejak Mo Salah dan Sadio Mane yang Mencetak Gol dalam Debut
30 September 2020 22:56 WIB
berita
Diego Jota (kanan) saat merayakan gol dengan rekan setimnya di Liverpool, Fabinho, saat lawan Arsenal, pekan lalu -Topskor.id/asdiario
LIVERPOOL - Dari Nigel Clough pada 1993 hingga Diogo Jota di tahun ini (2020). Ada 10 pemain dalam sejarah Liverpool yang mampu mencetak gol pada laga debutnya.

Jota adalah pemain terakhir yang melakukannya, saat mencetak gol ketiga The Reds ke gawang Arsenal, pekan lalu dalam kemenangan 3-1.




Baca Juga :
- Pierre-Emerick Aubameyang: Saya Masih Belajar Jadi Pemain Sayap Kiri
- Jurgen Klopp: Kalau Mo Salah Senang Saat Diganti, Itu Salah


Itu menjadi debut yang memberikan tanda bahwa bintang asal Portugal ini memiliki peluang untuk menjadi bintang The Reds musim ini.

Tidak banyak pemain baru Liverpool yang beruntung langsung bisa mencetak gol dalam laga debutnya.


Baca Juga :
- Perkelahian Pemain di Latihan Arsenal, Dani Ceballos Ambil Sisi Positifnya
- Jermaine Pennant Tak Kapok Kebut-kebutan, Empat Kali Kena Sanksi Mengemudi


Clough salah satu yang beruntung ketika dia mencetak gol dalam debutnya pada 1993 dalam laga Liverpool menghadapi Sheffield Wednesday.

Setelah itu, dua tahun kemudian atau pada 1994, Stan Collymore juga menarik perhatian ketika cetak gol dalam debutnya bersama The Reds. Collymore melakukannya pada 1995 juga menghadapi Sheffield Wednesday.

Michael Owen kemudian mengukir rapor tersebut saat Liverpool menghadapi Wimbledon pada 1997. Dilanjutkna dengan Titi Camara pada 1999 lawan Sheffield Wednesday.

Pemain selanjutnya yang cetak gol dalam debut dengan Liverpool adalah Abex Xavier menghadapi Ipswich Town pada 2002.

Butuh sembilan tahun berselang untuk melihat pemain baru yang mencetak gol dalam debut. Pemain tersebut adalah Luis Suarez saat Liverpool lawan Stoke City pada 2011.

Lalu ada Viktor Moses dalam laga lawan Swansea pada 2013.Dan tentu saja Sadio Mane pada 2016 ketika menghadapi Arsenal.

Mohamed Salah kemudian menorehkan catatan tersebut setelah dia resmi bergabung pada 2017. Kini, Jota mengikuti jejak dua bintang terkini Liverpool tersebut, Salah dan Mane.

Namun, gol Jota memiliki sisi yang menarik karena dia mencetak gol tersebut hanya delapan menit setelah masuk ke lapangan.

Ketika itu, pelatih Juergen Klopp menurunkannya pada menit ke-80 menggantikan Sadio Mane. Lalu, menit ke-88, Jota sudah mencetak gol.

Proses golnya pun menarik karena dia beruntung berada di posisi ketika bola tandukan bek Arsenal, David Luiz, justru membuat bola ke arah posisinya berdiri di jantung pertahanan Liverpool.

Saat itu, setelah menahan bola hasil tandukan lawan dengan dadanya, Jota kemudian melepaskan tembakan keras tanpa bisa diantisipasi kiper Arsenal, Bernd Leno.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat