news
LIGA INGGRIS
"Mereka Seharusnya Kalah 1-7 lawan Brighton!" Agen Van De Beek Kritik MU yang Hanya Menjadikan Kliennya Sebagai Cadangan
30 September 2020 17:43 WIB
berita
Donny Van De Beek - TopSkor/Istimewa
MANCHESTER – Agen Donny Van De Beek, Sjaak Swart, melontarkan kritik terhadap Manchester United lantaran klienya hanya jadi cadangan dalam dua laga pertama di Liga Primer musim ini.

Gelandang 23 tahun asal Belanda ini dibeli MU dari Ajax Amsterdam 30 Agustus lalu dengan harga 39 juta paun. Tapi, secara resmi, dia baru menjalani total 23 menit bermain dalam dua laga pertama Setan Merah di Liga Primer.




Baca Juga :
- AS Roma dan Frank Lampard Memuji Aksi Marcus Rashford yang Terus Membantu Anak-anak Kurang Mampu di Inggris
- Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Manchester United vs Chelsea, Malam Ini Pukul 23.30 WIB


Van De Beek masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-67 saat MU kalah 1-3 dari Crystal Palace pada laga perdana 19 September lalu. Dia lalu dimasukkan di menit terakhir, tepatnya menit ke-91, saat tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang 3-2 atas Brighton & Hove Albion Sabtu lalu.

Dalam pertandingan lawan Brighton tersebut, Van De Beek masuk ke lapangan menggantikan Anthony Martial saat MU tengah unggul 2-1. Mereka kemudian kebobolan oleh gol Solly March pada menit kelima injury time atau menit ke-95, hingga skor menjadi imbang.


Baca Juga :
- Permintaannya Ditolak Pemerintah, Marcus Rashford Bergerak Sendiri, Menghimpun Dukungan Memberi Makanan bagi Anak-anak di Inggris
- Mason Greenwood Dicap Ceroboh dan Tidak Profesional, Manchester United Sentil Disiplinnya yang Buruk


Tapi, MU akhirnya keluar sebagai pemenang setelah mendapatkan hadiah penalti lewat VAR pada menit ke-100 meski wasit telah meniup peluit akhir. Hadiah penalti itu dikonversi menjadi gol penentu kemenangan oleh Bruno Fernandes.

Menariknya, Swart menilai masuknya Van De Beek pada menit ke-90 menjadi pembeda bagi MU hingga akhirnya mereka bisa meraih kemenangan. Agen berusia 82 tahun itu juga menegaskan dia tidak terima kliennya hanya dijadikan pemain cadangan.

“Seorang pemain cadangan, saya sama sekali tidak menyukai itu,” kata Swaart kepada Voetbal Primeur.

“Saya sendiri tidak bisa melakukan itu, masuk sebagai pemain pengganti saat tinggal empat menit tersisa. Kalau begitu, Anda lebih baik membiarkan saya tetap duduk di bangku cadangan.

“Tapi, saya harus bilang dia (Van De Beek) melakukan tiga hal bagus lainnya. Hadiah penalti, yang berbuah gol kemenangan, berasal dari dia.

“Tapi, dalam situasi normal, mereka (MU) seharusnya kalah 1-7. Lima kali bola menghantam tiang atau mistar gawang. Brighton punya tim yang bagus, tapi itu tidak seharusnya terjadi dengan Manchester United.”

Sebelumnya, Van De Beek mencetak gol dalam debutnya di MU lawan Palace, tapi gol itu tidak cukup untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan 1-3.

Meski hanya jadi pemain pengganti di Liga Primer, Van De Beek tampil sebagai starter selama 78 menit saat MU mengalahkan Luton Town 3-0 dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris, Selasa pekan lalu.

Kini, pemain tim nasional Belanda itu diyakini bakal kembali masuk dalam starting line-up MU saat mereka kembali berhadapan dengan Brighton pada laga putaran keempat, Rabu (30/9), malam ini.

Kritik yang dilontarkan Swart terhadap MU boleh dibilang terlalu dini. Apalagi, beberapa hari sebelumnya dia sempat mengelu-elukan transfer Van De Beek ke Old Trafford.

“Manchester United jelas pilihan yang tepat,” kata Swaart kepada Ajax Showtime saat itu.

“Ada lebih banyak klub yang berminat seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus, dan Arsenal. Seluruhnya ada enam.

“Maret lalu sudah banyak yang percaya bahwa dia akan bergabung dengan Madrid. Tapi, lantaran virus Corona, proses transfer itu jadi tertunda.

“Lalu Manchester United berusaha merekrutnya, dan tentu saja satu klub yang sangat bagus. Mereka sempat jadi klub langganan juara liga dan kini mereka ingin kembali membangun kekuatan.”

R
Penulis
Rijal Al Furqon