news
TINJU
Nekat! Canelo Bisa Naik Lagi hingga Kelas Berat tapi Lewat Penjelajah, Ini Kondisinya
30 September 2020 16:00 WIB
berita
Saul
MEXICO CITY – Saul “Canelo” Alvarez sedang menapaki puncak kariernya sebagai salah satu petinju nomor satu di dunia. Prestasi gemilang membuatnya kaya raya dan kini Canelo belum berhenti. Padahal, Canelo tercatat pernah dan masih jadi juara dunia di empat kelas yang berbeda.

Mulai dari kelas welter super, menengah, menengah super, dan berat ringan. Dengan postur 175 sentimeter, Canelo memiliki struktur tulang yang besar sehingga badannya terlihat sangat gempal dan padat. Canelo pun merasa dirinya bisa terus menambah bobot lalu naik ke kelas penjelajah atau hingga kelas berat.




Baca Juga :
- Milan Ingin Permanen Pemain Pinjaman dari Real Madrid
- AC Milan Tetap Menang meski Tanpa Zlatan Ibrahimovic, Pukul Fiorentina 2-0


“Naik ke dua divisi dan menantang juara dunia adalah tantangan yang sangat besar bagi saya,” kata Canelo saat ingin menantang Sergey Kovalev. Akhirnya, Canelo pun mengalahkan Kovalev dan jadi juara kelas berat ringan WBO. Namun, saat itu Canelo sudah bertekad untuk bisa menantang juara dunia di kelas penjelajah.

Masalahnya, perbedaan antara kelas berat ringan ke penjelajah sangat jauh yaitu 11 kilogram. Ini bakal jadi perbedaan yang sangat jauh bagi Canelo. Memang, saat ingin bertarung lawan Kovalev, Canelo dikabarkan berlatih tanding lawan petinju kelas berat dan menang.


Baca Juga :
- Giuseppe Bergomi Menilai AC Milan Lebih Meyakinkan ketimbang Juventus, sementara Inter Milan Terlalu Lamban
- Dipermak Milan, Gattuso Kritik Diri Sendiri dan Pemain Napoli


Untuk mencapai kelas penjelajah, Canelo harus punya bobot badan 90,72 kilogram. Jika saat ini Canelo sudah kembali ke kelas menengah super, tak terbayangkan berapa banyak lagi bobot badannya ditambah. Meski demikian, seiring bertambahnya usia, bisa saja Canelo mencapai bobot 90 kilogram itu.

Soal postur tak terlalu masalah. Kovalev 182 sentimeter tapi bisa dikalahkan. Canelo pun selalu menang jika melawan petinju yang jauh lebih jangkung darinya. Sedangkan untuk kelas berat, Canelo bisa saja sampai di kelas itu jika para petinju kelas berat dengan postur yang lebih kecil ada di arena.

Saat ini, semua petinju top di kelas berat begitu besar. Utamanya postur tubuhnya yang menjulang hingga dua meter macam Tyson Fury. Dengan demikian, bobotnya bisa jauh di atas 100 kilogram, posisi di mana Canelo tak akan bisa mencapainya. Hasrat Canelo ini pun dianggap terlalu sesumbar.*

 

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!