news
LIGA ITALIA
Kasus Positif Covid-19 di Italia Kian Meningkat, Kompetisi Serie A Terancam Ditunda Selama Dua Pekan
30 September 2020 15:06 WIB
berita
Cristiano Ronaldo dan grafik kasus baru positif Covid-19 per hari di Italia - TopSkor/Istimewa
GENOA – Kompetisi Serie A musim 2020/21 yang baru memainkan satu pekan pertandingan, terancam ditunda selama dua pekan lantaran meningkatnya kasus positif virus Corona.

Bahkan khusus Genoa saja diumumkan ada 14 kasus positif Covid-19 yang berlaku bagi 14 orang pemain dan staf pelatih.




Baca Juga :
- El Clasico Perdana di Era Covid-19 Siap Digelar, Ini Deretan Fakta Menariknya
- Gattuso Marah Napoli Kalah: Kami Cuma Menggelitik Bukan Menyakiti Lawan


Dengan demikian, Napoli yang mengalahkan Genoa 6-0 pada laga perdana Serie A di San Paolo akhir pekan lalu bakal harus menjalani isolasi mandiri hingga diperoleh hasil tes yang negatif.

Padahal, Napoli bakal dijamu Juventus dan Cristiano Ronaldo di Allianz Stadium, Minggu (4/10), sementara Genoa dijadwalkan menjamu Torino di Luigi Ferraris sehari sebelumnya.


Baca Juga :
- Kehadiran Cristiano Ronaldo, Ibrahimovic, dan Lukaku Bikin Serie A Jadi Liga Paling Produktif Gol Musim Ini
- Valentino Rossi Tak Mau Kehilangan Momen Pesta Ultah Pacarnya, Tapi Pulangnya Malah Covid-19


Kini, pemerintah Italia bersama Kementerian Olahraga tengah bekerja sama untuk mencari cara cara terbaik mencegah munculnya klaster baru Covid-19 di Serie A.

Pada 3 Agustus lalu atau sehari setelah berakhirnya kompetisi Serie A musim lalu, tercatat hanya ada 159 kasus positif Covid-19 yang baru di Italia. Sekarang, tepatnya hingga Minggu akhir pekan lalu sudah ada 1.766 kasus baru.

Jika kasus positif virus Corona ini terus meningkat, kompetisi Serie A musim ini kemungkinan bakal dihentikan sementara.

Menurut harian Italia, Corriere della Serra, penangguhan kompetisi adalah salah satu opsi yang tengah dipertimbangkan oleh para petinggi sepak bola di negara itu.

Tapi, pemilihan waktunya harus sangat tepat. Pasalnya, pekan depan kompetisi liga-liga di Eropa akan diliburkan untuk jeda internasional. Jadi, keputusan untuk langsung menunda Serie A selama dua pekan bisa mengacaukan jadwal pertandingan akhir pekan ini.

Minggu lalu, pertandingan Genoa lawan Napoli sempat tertunda selama beberapa jam setelah kiper nomor 1 Il Grifone, Mattia Perin, positif terjangkit virus Corona sehari sebelumnya.

Tidak lama kemudian gelandang Genoa, Lasse Schone, juga dikonfirmasi positif Covid-19 dan hingga Selasa, sudah ada 14 kasus positif di klub itu.

“Setelah tes yang dilakukan hari ini, jumlah kasus positif Covid-19 di kalangan anggota tim dan staf pelatih telah meningkat menjadi 14,” begitu bunyi pernyataan resmi Genoa, Selasa (29/9).

“Pihak klub telah mengaktifkan semua prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan dan telah menginformasikan situasi ini kepada pihak berwenang. Pihak klub akan menyampaikan berita terkini terkait perkembangan situasi ini.”

Sejauh ini tidak ada aturan khusus yang ditetapkan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) terkait berapa jumlah minimal pemain yang positif terjangkit virus Corona yang mengharuskan sebuah pertandingan ditunda.

R
Penulis
Rijal Al Furqon