news
LIGA SPANYOL
Sejarah LaLiga Pekan Ini: Debut Carles Puyol Hingga Gol Perdana Mesut Özil
30 September 2020 00:41 WIB
berita
Kilas balik terhadap gol-gol, para pemain, dan pertandingan klasik di pekan ini dalam sejarah sepak bola Spanyol.-TopSkor.Id/LaLiga-
MADRID - Kilas balik terhadap gol-gol, para pemain, dan pertandingan klasik di pekan ini dalam sejarah sepak bola Spanyol. Berikut ulasannya:

29 September: Thieryy Henry membuka keran golnya di Barcelona dengan hattrick (2007)




Baca Juga :
- Karim Benzema Terheran-heran Saat Kapten Cadiz Menanyakan Merek Parfum yang Dia Pakai
- Kapten Ramos Masih Diragukan, Zidane Panggil Trio Pemain Kunci


Barcelona harus takluk dari Racing Santander dan Osasuna di awal musim, namun tim asuhan Frank Rijkaard tersebut berhasil bangkit dengan menang 4-1 atas Levante pada 29 September. Bintang pada hari itu adalah Thierry Henry yang mencetak tiga gol sejak datang dari Arsenal.

Pemain asal Perancis itu mencetak gol dengan berbagai cara, mulai dari penyelesaian jarak dekat, tendangan melengkung dari luar kotak penalti, dan tembakan dari dalam kotak penalti. Lionel Messi mencetak satu gol lainnya dengan aksi solo, dan kemenangan tersebut membawa Blaugrana memimpin klasemen LaLiga Santander.


Baca Juga :
- Gawat, Martin Odegaard Diprediksi Absen Sebulan
- Gila! City Berencana Tawarkan 17 Juta Euro ke Barca untuk Gaet Messi


Henry total mencetak 35 gol dari 80 pertandingan selama tiga musim di Camp Nou, dan menjuarai dua gelar LaLiga. Ia lalu pindah ke MLS bersama New York Red Bulls, dan saat ini menjabat sebagai pelatih tim Montreal Impact.

2 Oktober: Iñigo Martinez mencetak gol dari tengah lapangan (2011)

Kiper Athletic Club saat itu, Gorka Iraizoz, tak melihat ada ancaman ketika bek tengah Real Sociedad, Iñigo Martinez menggiring bola dari tengah lapangan pada Derbi Basque pada 2 Oktober 2011. Namun Martinez melihat ada peluang untuk menembak bola dari jarak 45 meter, dan bola berhasil masuk ke gawang Athletic Club untuk menjadi salah satu gol terbaik dalam sejarah pertandingan itu.

Di musim yang sama, Martinez kembali mencetak gol dengan cara yang sama di menit-menit akhir untuk membawa timnya menang 3-2 atas Real Betis. Pada Januari 2018, pemain dengan 11 penampilan untuk timnas Spanyol tersebut mengejutkan publik sepak bola ketika ia pindah ke tim rival, Athletic Club, untuk menggantikan Aymeric Laporte yang pindah ke Manchester City. Sejak saat itu, Martinez menjadi pemain kesayangan publik San Mamés.

2 Oktober: Carles Puyol mengawali karirnya di Barça (1999)

Carles Puyol mencatatkan debutnya bersama tim senior Barcelona pada 2 Oktober 1999 di usia 21 tahun. Ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dalam tim yang berisikan Pep Guardiola, Luis Enrique, dan Rivaldo yang menang 2-0 atas Real Valladolid.

Puyol bermain sebagai pemain sayap ketika masih muda, dan ia masuk menggantikan penyerang asal Portugal, Simão dalam debutnya, namun ia berevolusi sebagai bek tengah yang tangguh bagi Barcelona dan timnas Spanyol. Ia berhasil memenangi 23 trofi dalam karirnya bersama Barça, termasuk enam gelar LaLiga, tiga gelar Liga Champions, dan Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol.

Cedera lutut yang parah membuatnya harus pensiun di akhir musim 2013/14, dan ia diperkirakan akan kembali ke Camp Nou untuk menjadi bagian dari manajemen klub dalam waktu dekat.

3 Oktober: Mesut Özil mencetak gol pertama bagi Real Madrid (2010)

Hujan mengguyur Santiago Bernabéu pada 3 Oktober 2010, namun lapangan yang licin tak menghalangi Mesut Özil untuk meneruskan umpan Gonzalo Higuaín untuk mencetak gol pertamanya bagi Real Madrid, dalam pertandingan melawan RC Deportivo. Pemain timnas Jerman ini dengan cepat beradaptasi dengan rekan-rekan barunya di Santiago Bernabéu, dan juga langsung memperlihatkan kemampuannya ke para penggemar.

Pada malam itu, Cristiano Ronaldo, Ángel di María, dan Higuaín juga mencetak gol untuk membawa Real menang 6-1 atas RC Deportivo. Secara keseluruhan, Özil mencatatkan 19 gol dan 54 asis dalam 104 pertandingan LaLiga sebelum ipndah ke Arsenal pada musim panas 2013. Bersama Madrid, Özil berhasil memenangi satu gelar LaLiga Santander.

I
Penulis
Igor Hakim