news
TOP FEATURE FOOTBALL
Guardiola Habiskan Rp 7,8 Triliun untuk Bangun Pertahanan tapi Tetap Rapuh, Setara APBD Provinsi Lampung
29 September 2020 08:10 WIB
berita
Josep Guardiola, pelatih Manchester City. -TopSkor.Id/Istimewa-
SITUASI yang sedang dialami pelatih Manchester City jadi kasus unik dalam sepak bola. Tak ada yang meragukan kemampuan Guardiola membangun dan meracik strategi untuk semua tim yang pernah dilatihnya. FC Barcelona, Bayern Munchen, dan Man City. Di klub terakhir inilah situasi itu datang.

Tak lain soal lini belakang tim yang tak juga mencapai kondisi ideal sejak kedatangan Guardiola pada 2016. Padahal, manajemen Man City sudah meluluskan semua permintaan Guardiola. Artinya, bek mana pun yang diminta pasti diberikan berapa pun harganya. Sehingga, anggaran belanja untuk membangun pertahanan membengkak parah.




Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Duel Jose Mourinho vs Josep Guardiola, Tajam, Sinis, dan Historis
- Mourinho Puji Performa Gareth Bale: Hari Ini Dia Main dan Mencetak Gol, Lebih Dinamis


Total, sudah 450 juta euro (sekitar Rp 7,8 juta euro) yang dibelanjakan untuk mencari bek. Dari kabar yang didapat, angka itu setara dengan APBD Provinsi Lampung 2020. Di musim pertamanya di Man City, Guardiola mendatangkan John Stones (55 juta euro) dan Oleksandr Zinchenko (2 juta). Zinchenko sebenarnya gelandang serang.

Lalu, membeli kiper Claudio Bravo dari FC Barcelona seharga 18 juta euro. Di musim berikutnya, tepatnya d 2017/18, datanglah Aymeric Laporte (65 juta), Benjamin Mendy (57,5 juta), Kyle Walker (52,7 juta), dan Danilo (30 juta). Kiper pun didatangkan yaitu Ederson (40 juta).


Baca Juga :
- Empat Bintang WWE Atraksi di Atap Stadion Tottenham
- Jose Mourinho Perlihatkan Pemain Tottenham yang Kecanduan Gawai dengan Cara yang Satire tapi Tetap Jenaka


Pada 2019, pembelian menyusut. Philippe Sandler (2,5 juta) dan Joao Cancelo (65 juta) tapi Danilo dilepas ke Juventus 37 juta euro. Istilahnya tukar tambah. Ada pula Angelino dan Pedro Porro yang masing-masing 12 juta euro. Sedangkan di 2020 kembali naik angka belanja Man City untuk sektor pertahanan.

Nathan Ake (45,3 juta) dan yang akan datang adalah Ruben Dias (68 juta). Lalu, ada Yan Couto (6 juta) tapi langsung dipinjamkan ke Girona. Sedangkan Nicolas Otamendi dijual ke Benfica 15 juta euro. Tampaknya, Nahan Ake dan Ruben Dias akan jadi dua tembok baru Man City.

Soalnya, John Stones dan Laporte kini malah rentan cedera. Jika Nathan Ake dan Ruben Dias tak memenuhi ekspektasi, entha berapa banyak lagi uang yang dikeluarkan Man City untuk membangun pertahanan tim.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!