news
LIGA 1
Persebaya Rekrut Dua Pemain Muda yang Bawa Bajul Ijo Junior Juara Piala Soeratin U-17
28 September 2020 18:44 WIB
berita
Dicky Kurniawan, salah satu pemain muda yang direkrut Persebaya, saat dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Soeratin U-17 -- Instagram Dicky Kurniawan
SURABAYA – Jelang dimulainya kompetisi Liga 1 2020 Persebaya Surabaya tidak mau ketinggalan menambah amunisi.

Dua pemain muda yang tergabung dalam skuat Elite Pro Academy (EPA), Dicky Kurniawan dan Akbar Firmansyah, akhirnya diikat kontrak. Keduanya bahkan disodori kontrak jangka panjang. Yakni, hingga lima tahun.




Baca Juga :
- Cuma KLB PSSI yang Bisa Menyelamatkan Sepak Bola Nasional - BOLA JUMAT KERAMAT
- Bek Bali United Menyoroti Para Pemain Muda yang Sedang Trial di Tim Serdadu Tridatu


“Sesuai rekomendasi dari tim pelatih. Kami resmi mengikat Dicky dan Akbar dengan durasi lima tahun,” kata Sekretaris Persebaya Ram Surahman, Senin (28/9/2020).

Musim lalu, kedua pemain ini masih tergabung dalam Persebaya EPA U-18. Keduanya juga turut mengantar Persebaya juara nasional Piala Soeratin U-17.Bahkan, Dicky terpilih sebagai pemain terbaik.


Baca Juga :
- Liga 1 Tak Jelas, Pemain Asing Borneo FC: Ini Sudah Tidak Serius
- Para Legenda Aji Santoso, Bejo, dan Uston Ikut Main dalam Latihan Game Persebaya, Pemain pun Terhibur


Lantaran usia mereka masih muda, Persebaya memilih menyodorkan kontrak jangka panjang.“Ini bagian dari investasi. Kami berharap mereka makin matang, terutama mental dan skill-nya,” Ram mengungkapkan.

Kedua pemain ini langsung didaftarkan Persebaya ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) guna mendapat pengesahan untuk bisa tampil dalam lanjutan kompetisi Liga 1 musim ini.

Ini menjadi syarat wajib. Di mana, tiap klub Liga 1 diharuskan memasukkan dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain pada tiap pertandingan.

Dan, saat ini, Persebaya memang krisis pemain U-20. Tiga pemain yang dimiliki, Rizky Ridho, Ernando Ari Sutaryadi, dan M Supriadi saat ini bergabung di Timnas U-19.

Ketiganya baru bisa bergabung 21 Oktober mendatang. Nah, Akbar dan Dicky akan mengisi slot pemain U-20 itu.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menambahkan rekomendasi yang diberikan kepada keduanya tidak sekadar untuk memenuhi kewajiban regulasi.

Secara skill, Aji meyakini keduanya miliki prospek bagus dan akan bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu.

“Mereka miliki potensi untuk terus berkembang. Saya yakin, seiring perkembangan waktu. Berlatih bersama tim senior akan mempercepat kemampuan mereka,” ujarnya.

Aji mengaku telah mengamati perkembangan Dicky dan Akbar sejak kali pertama Tim Bajul Ijo menjalani latihan pada 29 Agustus lalu.

Kala itu, Persebaya memang kekurangan pemain. Jajaran pelatih kemudian mengundang beberapa pemain muda, Dicky dan Akbar di antaranya.

“Sejak saya lihat pertama, saya memiliki keyakinan mereka bisa berkembang. Lihat Dicky, saya jadi ingat waktu kali pertama menemukan Rendi (Irwan). Badannya kecil namun tertutupi dengan skill,” kata Aji.

Meski begitu, Aji tidak menjamin akan menurunkan salah satu atau keduanya dalam pertandingan. Siapa pun yang tampil, kata Aji, semua bergantung kebutuhan di lapangan.

“Yang pasti, saya suka pemain muda. Kalau memang ada kesempatan, kenapa tidak dicoba?” Aji memungkasi.*M Bahrul Marzuki/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id