news
UMUM
Piala AFF Diundur, Ketum PSSI Menilai Persiapan Timnas Indonesia Bakal Lebih Baik
27 September 2020 16:49 WIB
berita
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan - Topskor / Taufani Rahmanda
JAKARTA – Keputusan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengubah jadwal turnamen Piala AFF 2020 disambut baik oleh PSSI.

Seperti diketahui, belum lama ini melalui situs resminya, AFF mengumumkan turnamen Piala AFF 2020 yang sedianya dijadwalkan akhir tahun ini, ditunda jadi 11 April-8 Mei 2021.




Baca Juga :
- Miris! Badak Lampung FC Sudah Pakai 90 Persen Anggaran Musim Ini Tanpa Ada Hasil, PSSI Segera Ambil Keputusan
- Timnas U-19 Batal Ikut Toulon Tournament, Begini Rencana Dirtek PSSI


Penundaan tersebut diakibatkan masih maraknya pandemi virus Covid-19. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan dukungannya atas keputusan AFF terkait kepastian jadwal Piala AFF 2020.

"Dengan ini kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin. Apalagi kami memberikan target kepada pelatih Shin Tae Yong agar timnas Indonesia juara turnamen tersebut (Piala AFF 2020),” kata Iriawan dalam rilis resmi PSSI, Minggu (27/9/2020).


Baca Juga :
- Bagus Kahfi Tolak Gabung Timnas U-19, Alasannya Bisa Dimaklumi
- Daftar Terbaru Peringkat FIFA, Indonesia Posisi ke-173, Masih Sejajar dengan Kamboja


“Kami juga masih menunggu jadwal terbaru untuk sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia U-19 di Uzbekistan, dan Piala Asia U-16 di Bahrain yang infonya akan digelar sekitar awal tahun 2021," ia menambahkan.

"Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih keras untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menuturkan.

Keputusan AFF ini juga berlandaskan niat kuat mereka untuk menggelar kejuaraan tersebut dalam format penuh.

Yakni, dimainkan di kandang dan tandang oleh negara-negara peserta yang memenuhi syarat di Asia Tenggara dan tidak dalam wilayah yang terjangkit pandemi Covid-19.

Sebelum menetapkan tanggal tersebut, pihak AFF juga berkonsultasi dengan seluruh federasi sepak bola anggotanya dan otoritas terkait lainnya.

Hingga akhirnya, Komite Satuan Tugas Piala AFF telah menetapkan bahwa tanggal 11 April-8 Mei jadi pilihan terbaik untuk mengakomodasi jadwal pengganti turnamen regional tersebut.

Terkait Covid-19, AFF juga akan terus memantau situasi secara cermat untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, pelatih, mitra, penggemar, dan publik.

“Kami senang dengan dukungan positif yang kami dapatkan dari asosiasi anggota kami,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.

“Dan kini kami dapat menemukan solusi yang cocok tahun depan, untuk mengadakan turnamen (Piala AFF) yang sudah kami siapkan,” ia menambahkan.

“Meskipun kami sangat menyadari perjuangan melawan pandemi global belum berakhir, kami sangat optimis untuk Piala AFF 2020 berlangsung dalam format penuh. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik dari ASEAN di turnamen tahun depan,” ucap Sameth.

AFF menurutnya juga berharap pengumuman tanggal turnamen 2021 akan memberikan kejelasan dalam perencanaan untuk mitra komersial mereka. Termasuk sponsor dan pemegang hak siar.

“AFF dan asosiasi anggota kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, pemain, pelatih, ofisial, media, dan mitra lainnya atas dukungan dan komitmen yang tak tergoyahkan di tengah masa sulit ini, dan menantikan Piala AFF yang menyatukan Asia Tenggara. Suatu saat kita bisa berkumpul lagi,” kata Sameth.

Ditegaskannya, AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi anggota dan mitra, untuk memberikan kabar terkini lebih lanjut, tentang turnamen 2021 secepatnya.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id