news
FORMULA 1
Starting Grid F1 GP Rusia: Hamilton Raih Pole Secara Dramatis, Ferrari Gagal Tembus 10 besar
27 September 2020 09:35 WIB
berita
Sebastian Vettel alami kecelakaan dalam kualifikasi/ Foto Formula 1
SESI balapan F1 GP Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom sepanjang 54 lap dijadwalkan berlangsung pada Minggu (27/9/2020), mulai pukul 18.10 WIB

Pembalap Mercedes-AMG Petronas Lewis Hamilton sukses mengamankan pole position.




Baca Juga :
- Mantap! Ini ‘Hadiah’ yang Bakal Diberikan Kerajaan Inggris kepada Lewis Hamilton
- Red Bull Racing Jadi Peluang Terakhir Sergio Perez


Dalam kualifikasi, Sabtu (26/9/2020) itu, Lewis Hamilton mencatatkan waktu putaran tercepat, yakni 1 menit 31,304 detik.

Bagi juara dunia F1 enam kali tersebut, GP Rusia pada Minggu (27/9/2020) besok akan menandai untuk kali ke-96 dirinya memulai balapan ajang jet darat dari grid terdepan.


Baca Juga :
- Lewis Hamilton Perpanjang Kontrak dengan Mercedes Pekan Ini
- Hamilton Siap Teken Kontrak Baru Mercedes Rp 2,2 Triliun Usai Menyamai Rekor Legenda F1 Schumacher


“Menyenangkan bisa kembali berada di posisi terdepan, tapi ini adalah salah satu sesi kualifikasi terburuk,” ujar Lewis Hamilton seperti dilansir Telegraph.

“Waktu saya dihapus setelah saya melebar. Kemudian tim meminta saya untuk tetap melanjutkan dan kemudian bendera merah (red flag) keluar,” ia menambahkan.

Pole position akhirnya diraih Lewis Hamilton secara dramatis. Catatan waktunya dicoret pada Q2 akibat melanggar batas trek setelah sesi terhenti akibat kecelakaan yang dialami Sebastian Vettel.

Pada Q3 pembalap 35 tahun asal Inggris tersebut mampu memperbaiki catatan waktunya yang sekaligus mengantarkannya meraih start terdepan F1 GP Rusia 2020.

Sementara itu, posisi grid kedua diraih oleh pembalap andalan Red Bull Racing Max Verstappen. Rival terberat Hamilton tersebut membukukan waktu 1 menit 31,867 detik.

“Bisa meraih posisi kedua, saya tidak menyangka dan tentu saja ini sangat bagus mengingat kami kesulitan selama latihan bebas,” ujar Max Verstappen.

“Jika kami mampu memulai start dengan bagus k, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi,” pembalap asal Belanda itu menambahkan.

Sedangkan rekan setim Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, yang tampil impresif pada sesi latihan bebas 1 dan 2, harus puas menempati urutan ketiga pada F1 GP Rusia 2020.

Posisi keempat jadi milik driver Racing Point Sergio Perez (1 menit 32,317 detik). Sementara pembalap McLaren Carlos Sainz Jr yang solid saat latihan bebas, hanya meraih grid keenam.

Di sisi lain, Scuderia Ferrari kembali menelan hasil yang mengecewakan. Dua pembalap mereka, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, gagal menembus 10 besar.

Leclerc akan memulai balapan F1 GP Rusia dari posisi 11, sedangkan Vettel, yang sempat mengalami crash di Tikungan 4, menempati urutan 15.*I GEDE ARDY

 

R
Penulis
Rizki Haerullah