news
UMUM
David Maulana Jadi Pemain Paling Berpengaruh Saat Timnas U-19 hadapi Bosnia-Herzegovina U-19
26 September 2020 16:30 WIB
berita
Kapten Timnas U-19 David Maulana/ Foto Media PSSI
GELANDANG yang juga kapten timnas Indonesia U-19, David Maulana, menjadi salah satu pemain yang tampil paling mencolok saat hadapi Bosnia-Herzegovina U-19 di Kroasia, Jumat (25/9).

Selain penjaga gawang Erlangga Setyo, David menjadi satu-satunya pemain yang tampil penuh dalam laga melawan Bosnia-Herzegovina.




Baca Juga :
- Garuda Muda Menang Lagi, Pukul Hajduk Split dengan 4 Gol Tanpa Balas
- Kelana Mahessa Langsung Menjadi Starter Timnas U-19 Indonesia versus Hajduk Split U-19, Sore Nanti


Pemain berusia 18 tahun itu juga memiliki peran luar biasa di sektor lini tengah. Ia kuat saat membantu bertahan sekaligus andal mengatur ritme penyerangan.

Selama 90 menit waktu normal, David melepaskan 51 passing dengan umpan sukses 88 persen.


Baca Juga :
- ShinTae-yong Jelaskan Tujuan Dua Pemain Keturunan Jerman Gabung Timnas U-19 di Kroasia, Pemain Lain Bakal Menyusul
- Hasil Lengkap Uji Coba Timnas U-19 Indonesia di Kroasia


David Maulana juga terbilang aktif membantu rekan-rekannya dalam menyusun pertahanan. Setidaknya, lima intersep berhasil diciptakan David.

Selain itu, ia juga sukses satu kali menghalau upaya tembakan lawan. Pemain asal Barito Putera juga mencatatkan dua sapuan dan dua kali pemulihan bola.

Namun, kontribusi David di sektor penyerangan tak terlalu mencolok. Satu-satunya upaya ofensif yang dilakukan adalah melepaskan satu kali tembakan.

Sayang, David Maulana dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Bosnia-Herzegovina 0-1 pada laga yang digelar Jumat (25/9/2020) malam WIB itu.

Gol tunggal Bosnia dan Herzegovina tercipta akibat bunuh diri I Komang Tri, saat mencoba menghalau sepak pojok lawan pada menit ke-19 pertandingan.

Terjadi perubahan besar dalam susunan pemain timnas U-19 Indonesia yang ditampilkan pelatih Shin Tae-yong saat menghadapi Bosnia-Herzegovina U-19.

Perubahan itu tampak jelas dari daftar pemain yang mengisi starting-XI timnas U-19 Indonesia. Rotasi paling besar dilakukan pelatih asal Korea Selatan itu.

Sejumlah pemain yang belum pernah diturunkan dalam laga uji coba sebelumnya, macan Andre Oktaviansyah dan Jack Brown kali ini mendapat kesempatan bermain sejak menit awal.*ADIF SETIYOKO

R
Penulis
Rizki Haerullah