news
LIGA SPANYOL
Statistik Membuktikan Atletico Telah Bertindak Cerdas dengan Mendepak Alvaro Morata Demi Mendapatkan Luis Suarez
24 September 2020 19:59 WIB
berita
Luis Suarez dan Alvaro Morata- TopSkor/Istimewa
MADRID – Keputusan Atletico Madrid melepaskan Alvaro Morata dan merekrut Luis Suarez sebagai gantinya dinilai sangat tepat. Maklum, striker tim nasional Spanyol itu boleh dibilang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan bintang asal Uruguay tersebut.

Atletico meminjamkan Morata kepada Juventus, Selasa (22/9), hanya selang beberapa bulan setelah mempermanenkan kontrak striker 27 tahun itu dengan membayar tebusan 65 juta euro (Rp1,1 triliun) kepada Chelsea.




Baca Juga :
- Makin Jarang Dimainkan sebagai Starter, Isco Alarcon sampai Hafal Kapan Zidane Menurunkan dan Menggantikannya
- Pertahanan Barcelona Kerap Melakukan Kesalahan yang Tidak Perlu, Krisis jelang Tandang lawan Juventus


Keputusan itu diambil untuk memberikan ruang bagi Suarez yang kemudian didatangkan ke Wanda Metropolitano secara free transfer setelah pemain 33 tahun itu membatalkan kontraknya dengan Barcelona yang tersisa setahun lagi.

Ini menjadi pertukaran yang sangat menjanjikan buat Atletico karena meski usianya 6 tahun lebih tua, Suarez adalah striker yang jauh lebih baik daripada Morata.


Baca Juga :
- Gila! Luis Suarez Pesan 1.000 Burger Big Mac Senilai Rp 82 Juta
- Mantan Bintang Timnas Prancis Ini Menilai Masalah Antoine Griezmann Sudah Kritis dan Menyarankan Secepatnya Meninggalkan Barcelona


Morata memang menjadi pencetak gol terbanyak Los Rojiblancos musim lalu dengan 16 gol dalam 44 pertandingan di seluruh kompetisi musim lalu. Dia juga telah membukukan total 22 gol dalam 61 laga yang dimainkan bersama Atletico dalam satu setengah musim terakhir atau rata-rata 0,36 gol per laga. 

Tapi, statistik Morata tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan torehan Suarez. Meski sempat absen selama lebih dari empat bulan musim lalu, El Pistolero masih bisa mencetak 21 gol buat Barcelona dalam 36 laga di seluruh kompetisi.

Jika argumen itu belum cukup, ada fakta lain yang sangat kuat membuktikan keunggulan Suarez.

Dalam enam musim kiprahnya di Barcelona, Suarez telah membukukan 198 gol. Ini jauh di atas koleksi gol Morata sepanjang kariernya sebagai pemain profesional (116 gol).

Bahkan jika ditambahkan dengan 32 gol yang dicetaknya di tim junior Madrid, Castilla, plus 17 gol yang dibuatnya di timnas Spanyol, serta 29 gol yang dibukukannya di timnas junior Spanyol (U-17 dan U-21), total gol Alvaro hanya 194 gol, tetap kalah dari torehan Suarez di Barcelona.

Keunggulan kualitas Suarez sebagai striker juga bisa dilihat dari efektivitasnya dalam mencetak gol. Mantan striker Liverpool ini hanya butuh 283 pertandingan untuk mencetak 198 gol buat Barcelona.

Di pihak lain, Morata membukukan 116 golnya dalam 339 pertandingan bersama Real Madrid, Juventus, Chelsea, dan Atletico.

Keunggulan Suarez atas Morata bahkan bukan hanya dalam urusan mencetak gol dengan 406 gol dalam 612 pertadingan sepanjang kariernya di Eropa, tapi juga dalam urusan mencetak assist.

Untuk Barcelona saja, El Pistolero telah membukukan 109 assist, jauh di atas 40 assist yang ditorehkan Morata sepanjang kariernya.

R
Penulis
Rijal Al Furqon