news
LIGA CHAMPIONS
Kali Pertama dalam Sejarah Tak Ada Messi atau Ronaldo dalam Daftar 3 Finalis Pemain Terbaik Eropa 2019/20
24 September 2020 13:31 WIB
berita
Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski - TopSkor/Istimewa
NYON – Untuk kali pertama sepanjang sejarah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar nominasi Pemain Terbaik Eropa.

UEFA mengumumkan tiga finalis yang akan memperebutkan penghargaan paling bergengsi di Eropa itu, Rabu (23/9). Dua bintang Bayern Muenchen yang memenangi gelar Liga Champions musim lalu, striker Robert Lewandowski dan kiper Manuel Neuer, akan bersaing dengan playmaker Manchester City, Kevin De Bruyne.




Baca Juga :
- Juventus Hentikan Rencana Kontrak Baru untuk Paulo Dybala, Chelsea Siap Mengajukan Tawaran
- Miralem Pjanic Masih Kesal kepada Maurizio Sarri: Dia Dipecat karena Tidak Percaya dengan Pemainnya di Juventus


Di antara ketiga finalis itu, Lewandowski menjadi favorit lantaran aksi individunya yang impresif. Striker asal Polandia ini memainkan peran penting dalam sukses Muenchen memenangi treble (Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions) musim lalu dengan membukukan total 55 gol dalam 47 penampilan di seluruh kompetisi.

Neuer juga layak diperhitungkan lantaran ketangguhannya di bawah mistar Muenchen. Apalagi, ini kali kedua dia memenangi treble bersama Die Bayern setelah sukses serupa pada musim 2012/13.


Baca Juga :
- Cinta pada Pandangan Pertama, Georgina Ungkap Awal Pertemuannya dengan Cristiano Ronaldo
- Mantan Bintang Timnas Italia Ini Menyatakan Dirinya Dirampok di Rumahnya, Keluarganya Trauma


Ini juga kali kedua kiper 34 tahun itu masuk daftar tiga finalis Pemain Terbaik Eropa setelah musim 2013/14 usai sukses membawa tim nasional Jerman merebut Piala Dunia 2014 di Brasil.

Saat itu, Neuer hanya finis sebagai runner-up di bawah Ronaldo dan mengungguli rekannya di Muenchen, Arjen Robben.

Sementara itu, De Bruyne masuk nominasi setelah menampilkan performa meyakinkan di Liga Primer musim lalu yang membuatnya meraih gelar Pemain Terbaik versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA).

Yang tidak kalah menarik dalam daftar nominasi tahun ini adalah absennya Ronaldo dan Messi. Pasalnya, sejak gelar Pemain Terbaik Eropa diberikan pada 2011, setidaknya salah satu dari CR7 dan La Pulga, selalu masuk daftar tiga finalis.

Ronaldo memegang rekor sebagai pemain yang terbanyak meraih gelar ini, tiga kali, pada 2013/14, 2015/16, dan 2016/17 serta masuk daftar tiga finalis dalam enam musim lainnya.

Di pihak lain, Messi telah dua kali memenangi penghargaan itu pada musim 2010/11 dan 2014/15 dan jadi finalis pada empat musim lainnya.

Musim ini, Messi gagal memenangi trofi bersama Barcelona di seluruh kompetisi. Tapi, dia masih mendapatkan suara terbanyak keempat (di bawah ketiga finalis) bersama bintang Paris Saint Germain, Neymar Junior.

Pemilihan nominasi ini dilakukan oleh 80 pelatih dari tim-tim peserta fase grup Liga Champions dan Liga Europa musim lalu plus 55 jurnalis top dari masing-masing negara anggota UEFA.

Posisi 10 besar didonimasi oleh Muenchen dengan menempatkan tiga pemain lain selain Lewandowski dan Neuer yaitu Thomas Mueller, Thiago Alcantara, dan Joshua Kimmich. Sementara itu, Ronaldo hanya menempati urutan ke-10.

Pengumuman pemenang penghargaan UEFA ini akan dilakukan pada 1 Oktober mendatang saat digelarnya undian fase grup Liga Champions 2020/21.

R
Penulis
Rijal Al Furqon