news
LIGA 1
Klub Liga 1 Boleh Lima Kali Ganti Pemain, tapi Hanya Bisa Tiga Kali Izin Pergantian, Begini Penjelasannya
22 September 2020 21:18 WIB
berita
Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita (tengah) dalam manager meeting Liga 1, Senin (21/9/2020) di Bandung -- Foto: PT LIB
BANDUNG – Pemain yang masuk daftar susunan pemain (DSP) dalam kompetisi Liga 1 musim ini akan bertambah. Jika bakunya hanya 18 pemain, kini jadi 21 pemain.

Itu aturan baru dalam regulasi pemain yang akan diterapkan dalam Liga 1 2020 sebagaimana ditetapkan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).




Baca Juga :
- Tunggu Lanjutan Liga 1, Penyerang Persita Ini Tekuni Olahraga Muay Thai
- Persik Kediri Meragukan Keputusan LIB soal Liga 1 Dilanjut Februari 2021


"Kami memberi keleluasan pada klub untuk mendaftarkan 21 pemain dalam DSP di laga wajibnya di Liga 1 musim ini," kata Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra.

Dalam acara managers meeting klub Liga 1 2020 di Hotel Horison, Bandung, itu Asep memaparkan hal-hal baru dalam lanjutan kompetisi.


Baca Juga :
- Liga 2 Dijadwalkan Februari-Maret 2021, Format Kompetisi Tak Berubah Subsidi Diperjelas
- Resmi! Liga 1 2020 Diubah Menjadi Liga 1 2020-2021


Aturan lainnya yang bakal diterapkan adalah pergantian pemain maksimal lima kali dalam satu pertandingan, dan wajib ada dua pemain U-21 dalam DSP.

"Tim mendapatkan kesempatan mengganti lima pemain, tapi (hanya) dalam tiga kesempatan," Asep menjelaskan sistem pergantian pemain.

Maksudnya, pelatih klub hanya boleh "mengganggu" wasit untuk pergantian pemain sebanyak tiga kali. Sekali pergantian bisa satu, dua, atau bahkan tiga pemain sekaligus.

"Mau langsung mengganti lima pemainnya sekaligus juga bukan masalah. Pokoknya regulasi membatasi tiga kesempatan untuk ganti pemain," Asep menuturkan.

Selebihnya, tidak ada hal yang baru dalam managers meeting tersebut. Kecuali, pemaparan soal dipercepatnya bursa transfer periode kedua musim ini.

Itu dikarenakan banyaknya klub yang harus kehilangan pemain asingnya dalam lanjutan liga 1 2020 dan sejumlah pemain meminjamkan pemainnya ke klub Liga 2 2020.

"Semua yang kami bahas dan diskusikan saat managers meeting hari ini berjalan lancar dan membawa hasil," ucap Direktur Utama PT LIB, Ahmad Hadian Lukita.*Dani Wihara/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id