news
LIGA 1
Tak Dominan, Persija Klaim Banyak Menyuplai Kiper untuk Timnas
22 September 2020 19:10 WIB
berita
Kiper-kiper muda Persija bersama pelatih kiper / Foto Media Persija
PERSIJA Jakarta mengklaim jadi klub yang paling sering menyumbang kiper untuk timnas Indonesia.

"Persija menjadi klub paling sering menyumbang kipernya ke timnas Indonesia. Baik itu di level senior yakni Andritany Ardhiyasa hingga level junior," tulis Persija dalam rilisnya, Selasa (22/9/2020).




Baca Juga :
- Harapan CEO Arema FC kepada Petinggi Polri
- Pemain Persija Latihan Mandiri Lagi sampai Ada Kepastian Liga


Untuk musim 2020, sekilas ada benarnya. Tetapi, jika ditelisik lebih dalam, klaim dari Macan Kemayoran, julukan Persija, sama sekali tak benar.

Berikut ini ulasan Skor.id bahwa klaim sepihak dari manajemen Persija, yang seolah-olah menjadi penyumbang utama kiper timnas Indonesia, tak benar.


Baca Juga :
- Soal Kapan Liga 1 Dimulai Kembali, Robert Alberts Dapat Bocoran
- 3 Alumni Persija yang Kini Arsiteki Tim Liga 1, 6 Menjabat Asisten


Pada awal 2020, kiper Persija, Andritany Ardhiyasa dipanggil pemusatan latihan timnas Indonesia, tetapi pada periode Agustus namanya tak masuk daftar.

Untuk timnas U-19, sempat ada nama Rizky Muhammad Sudirman, yang kini sudah tak masuk bagian dalam pemusatan latiha di Zagreb, Kroasia.

Sedangkan untuk timnas U-16 ada Mohamad Indra Pramana. Ia baru dipanggil dalam pemusatan latihan timnas U-16 asuhan Bima Sakti pada September ini.

Bagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya? Untuk menguji kata "tersering" Skor.id mengulik daftar kiper timnas Indonesia sejak 2010.

Bila mengacu daftar pemain timnas Indonesia saat tampil dalam kejuaraan, turnamen, atau agenda resmi FIFA, Persib malah jadi penyumbang kiper tersering.

Sedangkan untuk level usia, tak bisa menjadi acuan. Pasalnya, sebelum ada Elite Pro Academy, daftar pemain level usia dominan dari sekolah sepak bola.

Realitas di atas menunjukkan bahwa Persija bukan penyumbang kiper tersering untuk timnas Indonesia. Namun, kiper Persija memang sering dipanggil timnas Indonesia.

Terlepas dari itu, Persija mulai serius melakukan pembinaan lewat Persija Development. Wakil Persija dalam Elite Pro Academy pun pemain pilihan.

Arief Priyadi, pelatih kiper EPA Persija, menilai salah satu misi Persija Development yakni mencetak kiper berbakat yang nantinya bisa digunakan timnas Indonesia.

“Misi kami itu mencetak kiper hebat sehingga Persija tidak kesulitan untuk mencari kiper pada masa depan," ucap Arief pada Selasa (22/9/2020).

"Kami juga memiliki standar tinggi untuk memilih kiper, terutama postur tubuh tinggi, di luar tentunya memiliki kemampuan dasar kiper yang bagus,” katanya.*NIZAR GALANG/SKOR.ID

R
Penulis
Rizki Haerullah