news
LIGA SPANYOL
Keputusan Koeman Meminjamkan Riqui Puig Ditentang, Iniesta dan Xavi Saja Tumbuh di Barcelona
22 September 2020 15:44 WIB
berita
Gelandang muda Barcelona, Riqui Puig -Topskor.id/Marca
BARCELONA - Keeputusan Ronald Koeman yang berencana meminjamkan Riqui Puig ke klub lainnya mengundang kontroversi. Koeman, pelatih baru Los Azulgrana memang tengah melakukan pembenahan di timnya, tapi banyak publik dan suporter Los Azulgrana yang terkejut pembenahan tersebut berimbas kepada masa depan Puig.

Mereka menilai, keinginan Koeman tidak sejalan dengan napas dari Barcelona, sebagai tim yang mampu menciptakan pemain bertalenta hingga menjadi bintang, apalagi pemain tersebut adalah jebolan Barcelona B dan dari La Masia.




Baca Juga :
- Messi Setuju Potong Gaji, Barcelona Hemat Rp 2 Triliun
- Sergino Dest Membuat Ronald Koeman Kagum, Bakal Rebut Posisi Sergi Roberto di Barcelona


Salah satu pers di Barcelona yaitu El Mundo Deportivo, bahkan memberikan judul "Xavi Hernandez dan Andres Inesta saja tidak dipinjamkan oleh Barcelona". Perbandingan ini cukup menyentil apa yang akan dilakukan Koeman terhadap Puig, yang dinilai merupakan pemain masa depan Barcelona.

Pada Sabtu lalu, Koeman memang menyampaikan kepada Puig bahwa dia akan mendapatkan beberapa kesempatan bermain. Namun, Koeman memberikan saran kepada pemain muda ini agar dia bermain di klub lain karena dengan usianya saat ini, dia membutuhkan pertandingan yang lebih banyak dan itu tidak akan didapatkannya di Barcelona.


Baca Juga :
- Bawa Barcelona ke 16 Besar Liga Champions, Oscar Mingueza Sudah Pantas Gantikan Peran Gerard Pique
- Kiper Lazio, Pepe Reina, Melewati Rekor Laga Xavi Hernandez di Kompetisi Eropa


Puig akan menghadapi sejumlah persaingan yang ketat dalam mendapatkan tempat di lini tengah Barcelona. Namun, tetap saja, rencana Koeman tersebut dinilai mengejutkan. Pertama karena dalam pramusim, Puig sudah mendapatkan menit bermain uaitu 45 menit saat lawan Gymnastic dan 30 menit lawan Girona.

Tapi, dua laga dalam pramusim tersebut, banyak yang menilai Puig akan menjadi bagian penting di Barcelona sesuai dengan kapasitasnya. Namun, rencana Koeman justru meruntuhkan penilaian tersebut.

Padahal, Barcelona sudah menantikan pemain yang mampu memnberikan kekuatan di lini tengah, pemain yang memahami napas sepak bola Barcelona. Barcelona pernah melakukan hal yang sama ketika mereka meminjamkan Sergio Semper dan Carlos Alena, tapi kemudian keputusan tersebut disadari merupakan sebuah kekeliruan.

"Harusnya kami bisa mengambil contoh dari Xavi dan Iniesta. 'Perhiasan' yang bagus harusnya tetap berada di sini dan kami bisa berharap kepadanya. Meski dengan cara perlahan dan bertahan," kata Xavier Bosch, salah satu penulis di media massa tersebut.

Dia lalu mencontohkan ketika Barcelona di bawah asuhan Louis Van Gaal, pelatih yang justru sangat tertarik dengan mengembangkan pemain muda Los Azulgrana. Pada tahun pertama, Iniesta hanya bermain 11 laga, hal yang sama juga terjadi terhadap Xavi. Namun, pada akhirnya, kedua pemain ini justru menjadi bagian terbesar dari sukses Barcelona di masa depan.

Lalu, pada musim lalu antara kepelatihan Ernesto Valverde dan Quique Setien, mereka telah menurunkan Puig dalam 11 pertandingan, 5 di antaranya sebagai starter. "Mereka dipoles, dibentuk di sini bukan di tempat lain," kata Xavier Bosch lagi, mengingatkan.

Karena itu, keputusan Koeman untuk meminjamkan Puig ke klub lain pun dinilainya sebagai sesuatu yang keliru. Intinya, Puig yang memiliki talenta besar, harus tetap berada di Barcelona dan tumbuh di tim ini.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat