news
LIGA 1
Bek Kiri Timnas U-19 Pratama Arhan Bocorkan Rahasia Bisa Punya Lemparan Maut
22 September 2020 10:59 WIB
berita
Pratama Arhan - Media PSSI
JAKARTA - Bek sayap kiri timnas U-19 Pratama Arhan Alif menyita perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, selain tangguh dalam menjaga pertahanan dan piawai membantu serangan, Arhan memiliki kelebihan unik.

Pemain asal Blora tersebut punya kelebihan dalam melakukan lemparan ke dalam dengan jarak yang jauh. Kemampuan Arhan dalam melempar jauh itu bahkan berbuah gol Saddam Emiruddin ke gawang Qatar U-19 akhir pekan lalu.




Baca Juga :
- Pemerintah Minta PSSI Menindaklanjuti Inpres No.3 dan Road Map yang Sudah Tersusun
- Preview Timnas Indonesia U-16 vs Uni Emirat Arab U-16


Arhan mengaku, kelebihannya dalam melakukan lemparan ke dalam dengan jarak yang jauh itu sudah dia asah sejak tiga tahun lalu.

"Soal lemparan ke dalam yang jauh saya belajar sendiri dan memang sudah lama sekitar 2017 saya sudah melakukannya hingga sekarang," kata Arhan.


Baca Juga :
- PR Shin Tae-yong, Kombinasi di Lini Depan Timnas U-19 Masih Harus Diperbaiki
- Shin Tae-yong Angkat Bicara soal Kompetisi Liga 1 yang Tidak Dapat Izin Polri


Berkat salah satu kelebihannya tersebut, pemain asal klub PSIS Semarang itu mulai menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong di sisi kiri pertahanan Garuda Muda selama menjalani uji coba di Kroasia.

Arhan selalu tampil dalam lima pertandingan dengan empat di antaranya dipercaya tampil sebagai starter. Selain bek kiri, Arhan juga sempat diturunkan sebagai bek kanan saat jumpa Arab Saudi di babak pertama.

Arhan menambahkan bahwa saat ini ia sudah terbiasa bermain sebagai bek kiri. Meski begitu ia mengaku bisa bermain sebagai bek kanan maupun gelandang.

"Bersama pelatih Shin Tae-yong kami menikmati dan sangat bersemangat menerima setiap materi latihan yang diberikan," kata Arhan.

"Selain itu, setiap pertandingan juga saya harus fokus dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik," ia menambahkan.

Pemain yang mengidolai bek kiri Real Madrid Marcelo dan bek Bali United Ricky Fajrin ini mempunyai cita-cita bisa bermain di Eropa.

"Semoga suatu saat nanti saya bisa bermain di Eropa. Selain itu, juga ingin menembus skuad timnas Indonesia meraih prestasi dan bikin bangga kedua orangtua," ujar Arhan.

Setelah melawan Qatar, timnas U-19 akan  kembali menjalani uji coba melawan Bosnia dan Herzegovina (25/9), serta Dinamo Zagreb (28/9) di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September dan berlanjut ke Turki hingga Oktober.

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....