news
LIGA ITALIA
Pioli Tidak Kaku, Formasi Milan Bisa Berubah Drastis saat Laga, Tonali Masuk Beda Lagi
19 September 2020 13:02 WIB
berita
Para pemain Milan saat laga lawan Shamrock Rovers. -TopSkor.Id/Istimewa-
AC MILAN jadi salah satu tim yang paling disorot di Italia. Performa Milan usai pandemi Covid 19 begitu moncer. Mereka menjalani rangkaian pertandingan tak terkalahkan. Pelatih Milan, Stefano Pioli sukses menerapkan strategi memakai dua gelandang jangkar dengan formasi 4-2-3-1.

Saat melawan Shamrock Rovers, Pioli menurunkan sekaligus seperti biasanya Franck Kessi dan Ismael Bennacer. Publik langsung menerka formasi Milan masih 4-2-3-1. Namun, saat bermain, Bennacer memang di posisi dekat pertahanan sedangkan Kessie lebih di depan. Makin terlihat ternyata Pioli tidak memainkan formasi 4-2-3-1 tapi ganti ke 4-1-4-1.




Baca Juga :
- Gareth Bale soal Debutnya sebagai Starter di Tottenham: Permainan Saya Masih Kaku
- Mourinho Mengingatkan bahwa Kualitas Gareth Bale Tidak Lagi Sama seperti Tujuh Tahun Lalu


Bennacer pun bekerja sama memainkan pola segitiga bersama Simon Kjaer dan Mattia Gabbia sebelum mengalirkan bola ke depan. Kessie yang punya tenaga besar yang menjemput bola itu. Strategi berubah lagi saat Pioli memasukkan Sandro Tonali di menit ke-84 menggantikan Bennacer.

Meski tak lama, terlihat formasi Milan berubah menjadi 4-3-3. Tonali tak melulu di belakang melainkan jadi gelandang tengah pengatur serangan. Memang, Pioli disinyalir ingin menerapkan formasi 4-3-3 untuk mengakomodasi Tonali. Namun, Pioli pun juga tak mau meninggalkan begitu saja pola 4-2-3-1 yang sudah sangat dipahami pemain.


Baca Juga :
- Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Everton vs Liverpool, Derby Merseyside Malam Ini Pukul 18.30 WIB
- Alisson Bakal Absen Enam Pekan, Liverpool hadapi Sejumlah Laga Krusial dengan Kiper yang Kerap Bikin Blunder


Soliditas dan penguatan lini tengah memang jadi fokus Pioli. Saat ini, Pioli punya berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan karakter calon lawan. Maka itu, dia ingin sekali melepas Lucas Paqueta dan Rade Krunic agar bisa mendatangkan gelandang yang bisa cocok dengan berbagai strateginya.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!