news
LIGA CHAMPIONS
Cristiano Ronaldo dan Messi Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga Champions 2019/20, Muenchen Mendominasi
18 September 2020 23:53 WIB
berita
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi - TopSkor/Istimewa
NYON – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama tidak masuk dalam daftar nominasi peraih gelar pemain terbaik di setiap posisi yang akan diselenggarakan UEFA bulan depan.

Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh badan sepak bola Eropa itu berdasarkan performa pemain di Liga Champions. Daftar kandidat maupun pemenangnya ditentukan oleh sebuah tim juri spesial.




Baca Juga :
- Ini Daftar Pemain Manchester United yang Berangkat ke Paris Saint Germain, Tanpa Maguire dan Cavani
- Ander Herrera Tidak Merasakan Cinta di Manchester United yang Membuatnya kemudian Pergi


Sebagai pemain yang disebut-sebut terbaik di dunia dalam lebih dari satu dekade terakhir, baik Messi maupun Ronaldo selalu masuk dalam daftar istimewa ini setiap musim. Tapi, musim ini tidak satupun dari mereka yang masuk daftar finalis. 

Di pihak lain, sesuai prediksi, juara Liga Champions musim lalu, Bayern Muenchen, mendominasi daftar ini dengan menempatkan tujuh pemain di empat posisi berbeda.


Baca Juga :
- Kylian Mbappe Menilai Reuni dengan Edinson Cavani Tidak Penting: Tidak Spesial, Biasa Saja
- Lautaro Martinez soal Peran Javier Zanetti dalam Kariernya di Inter: Dia yang Membantu Saya Belajar Bahasa Italia


Kiper sekaligus kapten Manuel Neuer akan bersaing dengan penjaga gawang Paris Saint Germain dan palang pintu Atletico Madrid, Jan Oblak, memperebutkan gelar Kiper Terbaik.

Sementara itu bek tengah David Alaba harus bersaing dengan kedua rekan setimnya, bek kiri Alphonso Davies dan bek kanan Joshua Kimmich, dalam perebutan gelar bek terbaik.

Situasi serupa juga berlaku bagi Thomas Mueller masuk daftar kandidat Gelandang Terbaik bersama sesama pemain Muenchen yang segera pindah ke Liverpool, Thiago Alcantara.

Satu kandidat lainnya untuk posisi ini adalah bintang Manchester City dan Pemain Terbaik Liga Primer 2019/20 versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA), Kevin De Bruyne. Gelandang asal Belgia ini merupakan satu-satunya wakil dari Liga Primer. 

Sementara itu, mesin gol Muenchen, Robert Lewandowski, menjadi favorit utama untuk memenangi gelar Striker Terbaik sekaligus mengungguli dua kandidat lainnya yang berasal dari PSG, Kylian Mbappe dan Neymar Junior. 

Penghargaan pemain terbaik untuk setiap posisi ini mulai diberikan pada musim 2016/17 sebagai apresiasi bagi mereka yang menunjukkan performa impresif di Liga Champions.

Daftar kandidat ini dipilih oleh sebuah tim juri yang terdiri dari 32 pelatih dari tim-tim peserta fase grup Liga Champions musim lalu dan 55 jurnalis. Mereka diharuskan memilih tiga pemain terbaik untuk setiap posisi, kiper, bek, gelandang, dan striker.

Pemain yang ditempatkan di posisi teratas mendapatkan 5 poin, sementara pemain di urutan kedua dan ketiga masing-masing diberi 3 dan 1 poin.

Khusus para pelatih, mereka tidak diperbolehkan memilih pemain dari tim asuhannya masing-masing. 

Pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada undian fase grup Liga Champions 2020/21 di Nyon, Swiss pada 1 Oktober mendatang. Pada kesempatan yang sama juga akan diumumkan peraih gelar Pemain Terbaik UEFA untuk putra dan putri.

Musim lalu, kiper Liverpool, Alisson Becker, meraih gelar Kiper Terbaik dan rekannya, Virgil Van Dijk, terpilih sebagai Bek Terbaik. Van Dijk juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA.

Bintang muda Barcelona yang saat itu masih membela Ajax Amsterdam, Frenkie De Jong, dinobatkan sebagai Gelandang Terbaik sementara Lionel Messi meraih gelar Striker Terbaik. 

Nominasi Pemain Terbaik Liga Champions 2019/20 untuk Setiap Posisi

Kiper: Keylor Navas (Paris Saint-Germain), Manuel Neuer (Bayern Muenchen), Jan Oblak (Atletico Madrid)

Bek: David Alaba (Bayern Muenchen), Alphonso Davies (Bayern Muenchen), Joshua Kimmich (Bayern Muenchen)

Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City), Thomas Muller (Bayern Muenchen), Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)

Striker: Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Neymar (Paris Saint-Germain)

R
Penulis
Rijal Al Furqon