news
MOTOGP
Fabio Quartararo Jelaskan Masalah Yamaha
17 September 2020 03:20 WIB
berita
Menurunnya performa mesin Yamaha YZR-M1 coba disiasati dengan sasis dan sistem elektronik.-TopSkor.Id/Twitter/FabioQ20-
RIMINI - Fabio Quartararo mendampingi dua pembalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, mengikuti tes resmi di Sirkuit Misano, San Marino pada Selasa (15/9/2020) lalu.

Dua sesi tersebut dimanfaatkan ketiganya untuk menguji sejumlah peranti anyar seperti sasis, sistem elektronik, dan knalpot. Hasilnya, Maverick Vinales menjadi yang tercepat dengan waktu lap 1 menit 31,532 detik.




Baca Juga :
- Joan Mir: Start di Barisan Tengah Sangat Beresiko, Sebab...
- Dovizioso dan Zarco Crash, Petrucci Bela Diri


Fabio Quartararo ada di posisi kesembilan, terpaut 0,804 detik dari Vinales. Adapun Rossi di peringkat 17 (dari total 18 pembalap yang tes) setelah tertinggal 1,414 detik dari Vinales.

Kendati menyebut hasil tes di Misano bagus dan positif, Quartararo -- yang kehilangan peringkat teratas di klasemen MotoGP 2020 usai lomba di Misano, Minggu (13/9/2020) -- juga mengatakan tak ada kemajuan yang sangat ia butuhkan; performa mesin.


Baca Juga :
- Franco Morbidelli Ungkap Kesialannya di GP Catalunya
- Kembali Raih Poin di Atas Sepuluh, Joan Mir Layak Diperhitungkan


"Tes sangat positif karena kami punya kesempatan menguji banyak komponen baru dan sistem elektronik," tutur pembalap asal Prancis itu.

"Saya senang karena meskipun tidak bisa menjadi yang tercepat, saya bisa membuat waktu lap 1:32,4 menit dengan ban medium dengan melibas 23 lap. Feeling saya cukup bagus dan ada beberapa hal yang harus kami coba untuk menghadapi lomba berikutnya."

Yamaha memenangi lomba pertama di Misano (GP San Marino) lewat rekan setim Quartararo di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, Minggu (13/9/2020) lalu. Adapun lomba kedua Misano, GP dell'Emilia Romagna, akan digelar pada akhir pekan ini (17-20/9/2020).

Dengan mesin yang sudah disegel dan tidak bisa diubah, para teknisi Yamaha sedang berupaya keras menemukan solusi terkait menurunnya performa mesin Yamaha YZR-M1 yang belakangan diketahui karena problem pada katup.

Masalah itu terungkap setelah lomba pertama di Jerez, Spanyol, 19 Juli 2020 lalu. "Sayangnya belum!" ucap Quartararo saat disinggung apakah sudah ada peningkatan performa pada mesin.

Fabio Quartararo pun mengungkapkan masalah sesungguhnya yang dihadapi Yamaha di MotoGP musim ini.

"Kami kesulitan dengan (performa) mesin. Karena itu kami mencoba melakukan perubahan pada sasis dan sistem elektronik untuk mencoba mengatasi masalah (mesin) itu," kata pemenang dua lomba awal MotoGP di Jerez itu.

"Tapi, belum ada perkembangan yang benar-benar signifikan di area yang kami harapkan itu. Saya hanya berusaha memberikan yang terbaik. Tentu, saya belum merasakan lagi motor senyaman lomba di Jerez. Namun, saya akan berusaha membiasakannya."

I
Penulis
Igor Hakim