news
UMUM
Khabib Nurmagomedov Ungkap Rahasia di Balik Rekor Cemerlangnya
17 September 2020 03:15 WIB
berita
Juara kelas ringan UFC tersebut suka melakukan sesi latihan yang tidak biasa sejak kecil.TopSkor.Id/Istimewa-
MOSKOW – Tak bisa dipungkiri lagi apabila Khabib Nurmagomedov adalah salah satu petarung terbaik yang pernah dimiliki Ultimate Fighting Championship (UFC).

Rekornya menjadi penegas. Atlet seni bela diri campuran (MMA) asal Rusia tersebut tidak pernah kalah dalam 28 duel yang dilakoninya, termasuk 12 di ajang UFC.




Baca Juga :
- Khabib Nurmagomedov Pamerkan Kekuatan, Gaethje Ancam Kematian
- Petarung Wanita Ini Ajak Bintang Pop Olga Buzova Bertarung, Tapi Janji Tidak Memukul Terlalu Keras


Khabib Nurmagomedov pun telah berbahsil mengalahkan sejumlah petarung top UFC seperti Conor McGregor, Dustin Poirier, Al Iaquinta, hingga Rafael dos Anjos.

Nurmagomedov mungkin tidak seagresif Conor McGregor di dalam octagon. Namun petarung berjuluk The Eagle tersebut sosok yang sangat cerdik mencari celah mengalahkan lawan.


Baca Juga :
- Dihajar KO Brutal, Paulo Costa Bersumpah Duel Ulang dan Cap Israel Adesanya Sampah Manusia
- Mike Tyson Ungkap Titik Kelemahannya yang Membuat Dia Bakal Sulit Jadi Petarung Terhebat di Pentas MMA


Faktor itu yang membuatnya berhasil menguasai kelas ringan UFC. Khabib Nurmagomedov meraih gelar juara di divisi itu pada April 2018 dan hingga kini masih menyandangnya.

Namun yang pasti segala kesuksesan Nurmagomedov tidak datang begitu saja. Atlet 31 tahun tersebut harus menjalani latihan keras untuk melatih teknik bertarungnya.

Salah satu contoh, Nurmagomedov berlatih gulat melawan beruang saat masih kecil. Meski terdengar mengerikan, itu hal yang membentuknya sebagai petarung seperti hari ini.

“Awalnya, seorang anak selalu ingin ayahnya melihat apa yang mampu mereka lakukan,” Abdulmanap Nurmagomedov mengungkapkan sebelum wafat 3 Juli lalu.

“Sayang sekali tidak ada yang lebih menarik saat Khabib masih muda. Pada akhirnya, ini lebih menjadi ujian karakter ketimbang sekadar latihan,” ia menambahkan.

Seiring perjalanan kariernya, dedikasi dan determinasi saat latihan maupun bertanding jadi salah satu kunci sukses perkembangan Khabib Nurmagomedov sebagai seorang petarung.

Jika diperhatikan, setiap tampil di dalam oktagon, ia selalu tampil sangat tenang dan penuh konsentrasi. Nurmagomedov tidak gampang terpancing provokasi lawan.

Mantan petarung kelas berat UFC Chael Sonnen ingat betul kisah tentang Khabib Nurmagomedov saat latihan di mana ia menghadapi seluruh petarung yang ada di gym.

Setiap sparing dilakukan selama lima menit secara repetitif dan tidak ada yang menyangka Nurmagomedov mampu mengalahkan seluruh lawan yang dihadapinya ketika itu.

“Khabib memenangi seluruh duel dan pelatih Fabiano (Scherner) mengatakan ada sekitar 7 atau 8 petarung di dalam gym,” ujar Chael Sonnen seperti dilansir Talksport.

“Dia bertarung selama lima menit, setelah itu, petarung lain akan masuk bergantian. Begitu seterusnya hingga lawan sparingnya tidak mampu bertahan,” sambungnya.

Chael Sonnen mengaku tidak pernah melihat metode latihan seperti ini sebelumnya. Momen itu terjadi sebelum duel Nurmagomedov vs Conor McGregor dalam UFC 229, Oktober 2018.

Sonnen tidak terkejut saat melihat The Eagle mampu membuat McGregor menyerah lewat metode submission. Pasalnya, ia tahu kualitas dan kapasitas Nurmagomedov.

Ini pula yang menarik dari sosok petarung kelahiran Dagestan, Rusia tersebut. Menurut Chael Sonnen, penampilan Khabib Nurmagomedov selalu menimpu lawan-lawannya.

Mereka cenderung meremehkan gaya bertarungnya sehingga lupa betapa berbahaya dan efektifnya teknik gulat yang jadi andalan Nurmagomedov di dalam oktagon.

“Saya percaya jika para petarung lain hanya menyaksikan Khabib bergulat saat berusaha menjatuhkan lawan, mungkin mereka masih akan meremehkannya,” kata Sonen.

“Jika Anda melihatnya dari video, Anda tak akan berpikir dia berbahaya karena Khabib lebih sering meyudutkan lawan dan menunggu celah untuk bergulat menjatuhkan lawan.”

“Namun bila Anda perhatikan lebih saksama, itu bukan hal mudah dilakukan. Butuh keahlian khusus karena itu teknik yang canggih dan rumit,” Sonnen menjelaskan.

Chael Sonnen jelas adalah salah satu dari banyak orang yang mengakui bahwa Khabib Nurmagomedov merupakan salah satu petarung terbaik MMA yang pernah ada.

Dan Nurmagomedov akan kembali memperlihatkan kualitasnya sebagai juara kelas ringan UFC dengan menghadapi Justin Gaethje dalam UFC 254, 24 Oktober 2020.

 

I
Penulis
Igor Hakim