news
INFOGRAFIS
Christian Pulisic Pemain Termuda yang Menyandang Nomor 10 di Chelsea sejak 1993
16 September 2020 15:02 WIB
berita
Christian Pulisic kini resmi menyandang nomor 10 -Topskor.id/Grafis: Triyadi
LONDON – Perubahan yang dilakukan Frank Lampar di Chelsea juga ditandai dengan pemberikan nomor 10 kepada Christian Pulisic.

Nomor 10 memang selalu spesial dalam sepak bola, termasuk juga di Chelsea. Karena itu, ketika Lampar memutuskan memberikan nomor tersebut keapda Pulisic, banyak komentar beragam, dari yang setuju tapi tidak sedikit pula yang menilai Pulisic belum pantas.




Baca Juga :
- Dijuluki “Turbo Timo” oleh Fan Chelsea dan Pengakuan Timo Werner yang Biasa Disawer sang Ayah Setiap Cetak Gol
- Lama Tidak Terdengar, Fernando Torres Bikin Gym Sendiri dan Berlatih Tinju


Tapi, keputusan sudah dibuat dan keputusan Lampard memberikan nomor tersebut kepada pemain timnas Amerika Serikat ini menandakan bahwa pelatih The Blues ini sangat berharap besar kepada gelandang 21 tahun ini.

Nomor tersebut diberikan kepada Pulisic setelah pemilik sebelumnya, Willian, sudah bergabung ke Arsenal.


Baca Juga :
- Update Bursa Transfer Liga Inggris Musim 2000-2001, Chelsea Paling Royal
- Manchester United dan Chelsea Tak Akan Bisa Juara Liga Primer Selama Masih Ada Juergen Klopp dan Pep Guardiola


Sebelumnya, Willian mendapatkan nomor ini dari Eden Hazard yang pergi untuk bergabung ke Real Madrid, dan Hazard mewarisi nomor tersebut dari Juan Mata.

Jika melihat mereka yang pernah menyandang nomor 10 di Chelsea, Pulisic praktis yang paling muda.

Gavin Peacock contohnya yang menyandang nomor tersebut di Chelsea ketika usianya 26 tahun. Lalu Mark Hughes mendapatkan nomor 10 saat berusia 33 tahun.

Pierluigi Casiraghi dalam usia 29 tahun ketika menerima nomor peninggalan Hughes tersebut. Lalu Slavisa Jokanovic dalam usia 32 tahun.

Ada Yossi Benayoun yang berusia 30 tahun ketika mengambil nomor tersebut dari Jose Cole. Joe Cole sendiri menyandang nomor itu dalam usia satu tahun lebih tua dibandingkan dengan Pulisic yaitu 22 tahun.

Sedangkan Hazard mendapatkan nomor tersabut saat sudah berusia 24 tahun. Karena itu, Pulisic menjadi pemain paling muda saat menerima nomor spesial tersebut pada musim ini dalam sejarah Chelsea di Liga Primer (sejak 1993/94).

Seperti di kebanyakan klub lainnya, nomor ini diberikan untuk pemain yang spesial. Dari Peacock hingga Willian, mereka merupakan pemain bintang The Blues pada masanya atau setidaknya pemain yang dinilai memiliki kelebihan di bandngkan dengan pemain lainnya.

Menurut Lampard, Pulisic memiliki kemampuan tersebut, pemain yang dapat memberikan perbedaan dalma permainan The Blues.

Sepanjang kariernya bersama Chelea sejak sempat dipinjamkan ke Borussia Dortmund, Pulisic total telah terlibat dalam terciptanya 21 gol Chelsea, dengan 11 di antaranya memberikan gol dan 10 assist.

Pekan ini, Chelsea masih menunggu kondisi Pulisic yang dalam proses penyembuhan cedera. Ketika menang 3-1 atas Brighton Albion, Senin lalu, Pulisic memang tidak tampil karena kendala tersebut.

Namun, Lampar dberharap pemainnya ini segera pulih dan dapat tampil menghadapi Liverpool dalam lanjutan Liga Primer 2020/21, akhir pekan ini.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat