news
FORMULA 1
Diwarnai Dua Kecelakaan, Hamilton Berhasil Memenangkan GP Tuscan dan Dekati Rekor Schumacher
13 September 2020 22:38 WIB
berita
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasl memenangi GP Tuscan, malam ini -Topskor.id/Twitter
TUSCAN – Lewis Hamlton berhasil memenangkan lomba Formula 1 2020 GP Tuscan, malam ini. Pembalap Tim Mercedes tersebut mampu memperbaiki performanya setelah di GP Italia, pekan lalu, Hamilton bahkan gagal meraih podium.

Pembalap asal Inggris ini mampu mempertahankan posisinya di awal lomba sebagai pole position. Meski sempat tertinggal oleh rekan setimnya yaitu Valteri Bottas, pada lap pertama, namun Hamilton kembali memimpin.




Baca Juga :
- Masa Depan Toto Wolf Bersama Mercedes Mulai Temui Titik Terang
- Damon Hill Mengklaim Ayrton Senna Membantunya Memenangkan Balapan F1 dari Balik Kubur


Dengan kemenangan ini, Hamilton total telah meraih 90 kemenangan di GP sejak kali pertama tampil di GP F1 pada 2007 silam. Dengan demikian pula, Hamilton kini hanya berjarak satu kemenangan lagi dari rekor legenda F1, Michael Schumacher yang total meraih 91 kemenangan dalam GP.

Meski demikian, GP Tuscan malam ini ditandai pula dengan insiden tabrakan dan kecelakaan. Pertama terjadi pada lap keenam yang menyebabkan enam pembalap tidak dapat melanjutkan race.


Baca Juga :
- Valtteri Bottas Jadi Jawara di GP Rusia, Lewis Hamilton Merana
- Hamilton Bingung Kena Penalti Lagi 10 Detik


Mereka adalah Max Verstappen, Pierre Gasly, Antonio Giovinazzi, Carlos Sainz, Nicolas Latifi, dan Kevin Magnussen.

Sedangkan insiden kedua terjadi pada pembalap Racing Point, Lance Stroll, mengalami kecelakaan ketika mobilnya menabrak pembatas. Dengan peristiwa ini, total delapan pembalap sudah tidak dapat melanjutkan GP Tuscani.

Kecelakaan yang menimpa Stroll membuat lomba dihentikan di lap ke-46. Hingga lap ke-46 ini, duo Mercedesc Hamilton dan Bottas menguasai lomba di posisi terdepan.

Hamilton memimpin dengan lebih cepat 1,200 detik di depan Bottas. Sedangkan Bottas pada lap tersebut lebih cepat 7,090 detik atas Daniel Ricciardo (Renault).

Praktis hingga putarna ke-46 tersebut, terjadi persaingan untuk memperebutkan podium posisi ketiga antara Ricciardo, Alexnder Albon (Red Bull), dan Sergio Perez (Racing Point).

Dan, Ricciardo sempat mempertahankan posisinya di urutan ketiga hingga lap ke-51. Meski demikian, dia jauh berada di belakang Hamilton yang memimpin, dengan selisih kecepatan mencapai 4,336 detik.

Namun, pada lap itu pula (ke-51), Albon berhasil menyusul Ricciardo di tikungan dan menyodok ke urutan ketiga. Jika mampu mempertahankan posisi tersebut, ini akan menjadi kali pertama bagi Albon meraih podium dalam kariernya di F1.

Ya, Albon berhasil meraih podium pertamanya. Hamilton finis pertama, Bottas kedua dengan jarak 4,880 detik dari Hamilton, sedangkan Albon ketiga dengan jarak 8,064 detik.*

Hasil Formula 1 GP Tuscan, Minggu (13/9)
1. Lewis Hamilton (Mercedesc) 59 lap
2. Valtteri Bottas (Marcedes) +4,880
3. Alexander Albon (Red Bull) +8,064
4. Daniel Ricciardo (Renault) +10,417
5. Sergio Perez (Racing Point) +15,650
6. Lando Norris (McLaren) +18,883
7. Daniil Kvyat (McLaren) +21,756
8. Charles Leclerc (Ferrari) +28,345
9. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) +29,770
10. Sebastian Vettel (Ferrari) +29,983

I
Penulis
Irfan Sudrajat