news
LIGA ITALIA
Pirlo Menggunakan Pola 4-4-2 dan Berubah menjadi 3-2-5 saat Menyerang
13 September 2020 20:40 WIB
berita
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo saat menembak dalam laga uji coba Minggu (13/9) -Topskor.id/Twitter
TURIN – Juventus asuhan Andrea Pirlo meraih kemenangan dalam uji coba. Minggu (13/9) pagi waktu setempat, si Nyonya Besar menang 5-0 atas Novara.

Kemenangan tersebut membuat Juventus berada di trek yang positif dalam persiapan mereka menyongsong Seri A 2020/21 yang tinggal sepekan lagi akan bergulir.




Baca Juga :
- Cristiano Ronaldo Akan Tetap Dibicarakan Publik Sepak Bola hingga 300 Tahun yang Akan Datang
- Neymar Menunggak Pajak Lebih Besar daripada Messi dan Ronaldo


Setelah pertandingan berakhir, Pirlo mengaku sangat puas dengan hasil dan performa yang ditampilkan pasukannya.

“Setelah ini, kami memiliki dua hari waktu untuk berlatih sebelum menghadapi laga pertama di Seri A. Pemain sudah komit dan itu yang paling penting,” kata Pirlo, setelah laga yang digelar di pusat latihan Juventus tersebut.


Baca Juga :
- Milan Skriniar dan Conte Sempat Tak Pernah Berbicara, Kini Keduanya Berdamai
- Sandro Tonali Sempat Bingung Mengapa Kessie Memperkenalkan Diri sebagai Bos di Ruang Ganti Milan


Lima gol kemenangan Juventus diciptakan oleh Cristiano Ronaldo, Aaron Ramsey Marko Pjaca, dan dua gol dari Portanova.

“Ronaldo selalu siap, seperti yang kalian lihat,” kata Pirlo lagi,memuji performa penyerang andalannya ini. Pada kesempatan ini pula, Pirlo menegaskan bahwa sebagai pelatih Juventus jelas targetnya adalah melanjutkan pencapaian musim lalu.

“Saya adalah pelatih Juventus dan wajar jika setiap yang datang ke sini harus meraih gelar,” kata Pirlo lagi. “Saya tahu bahwa saya harus menang dan meraih gelar,” dia menegaskan.

Terkait pola yang akan digunakan, Pirlo tampaknya masih terus mencoba. Meski demikian, dari laga uji coba ini, dia menerapkan pola 4-4-2 dengan peruahan menjadi 3-2-5.

Di pertahanan ditempatkan Danilo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Alex Sandro. Sedangkan di lini tengah adalah Ramsey, McKennie, Adrien Rabiot, dan Juan Cuadrado. Duet lini depannya Ronaldo dengna Kulusevski.

Namun, ketika mereka menguasai bola dan dalam fase menyerang, strategi atau polanya menjadi 3-2-5. Danilo bersama Bonucci dan Chiellini di pertahanan, sedangkan Alex Sandro maju ke depan.

Dengan demikian, Alex, Cuadrado, Ronaldo, Kulusevski, dan McKennie, membuat lini depan Juventus memiliki kekuatan yang besar dalam melakukan tekanan.

Namun, menurut Pirlo semua itu masih dalam proses. Apalagi, dia masih membutuhkan satu penyerang tambahan yang hingga saat ini belum terwujud. Alexis Sanchez atau Edin Dzeko, hingga Alvaro Morata, di antara targetnya.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat